Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Jakarta-Depok-Bekasi (Jadebek) mengadakan aksi unjuk rasa menuntut keadilan untuk umat islam pada Selasa (18/10). Mereka berkumpul di Universitas Indonesia dan melakukan long march ke Balai Kota DKI Jakarta serta Istana Kepresidenan Republik Indonesia, ROL mengabarkan.

Dilansir dari okezone, para mahasiswea memprotes pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengenai Surah Al Maidah ayat 51.

Abdul, seorang perwakilan mahasiswa melalui orasinya mengatakan bahwa Ahok telah berlaku rasis dan menghina Islam.

“Kami sebagai bagian dari masyarakat yang menjunjung tinggi nilai keadilan, kerukunan, dan persatuan menilai tidak seharusnya seorang pemimpin berperilaku rasis dan menghina agama Islam,” serunya di atas mobil komando.

Menurut Ketua Pusat Komunikasi Daerah (Puskomda) FLDK Jadebek, M Syukron Mukhtar, ada 10 kampus yang menyatakan sanggup berkontribusi dan berpartisipasi dalam aksi yang ditujukan untuk Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dia menuturkan, 10 kampus tersebut, antara lain UI, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA), Politeknik Negeri Jakarta, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam, dan ESQ.

“Kita berangkat dari satu misi yang sama bahwasanya ingin menegakkan keadilan Kita enggak melihat suku dan sadar bahwasanya kita adalah mahasiswa, kaum intelektual, dan kita tidak mengakomodasi khusus pada mereka, diserahkan ke kampus masing-masing,” kata Syukron saat berorasi di depan Balai Kota Jakarta.

Selain itu, FLDSK Jadebek mendesak aparat hukum penegak hukum untuk melanjutkan proses hukum atas dugaan pelanggaran terhadap UU No.1/PNPS/1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan atau Penodaan Agama dan KUHP Pasal 156a oleh Ahok, serta menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap saling menghormati keyakinan dan ajaran setiap agama.

Ed: Tamam | dari berbagai sumber

foto: detik