Ketua Dewan Mufti Rusia, Ravil Gainutdin, menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kehadiran Indonesia dalam peresmian masjid di kota Kostroma seraya menekankan akan terus berupaya meningkatkan hubungan baik RI-Rusia di bidang agama.

Dikutip dari Antara, masjid Kostroma diresmikan Ketua Dewan Mufti Rusia, Ravil Gainutdin pada hari Jumat pekan lalu. Indonesia diwakili Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Darmawan Suparno, hadir atas nama Dubes RI untuk Federasi Rusia, M. Wahid Supriyadi.

Selain Indonesia hadir Menteri Agama Republik Turki, Mehmet Gaermeza. Turki hadir karena sebenarnya peresmian masjid ini merupakan prakarsa dan kesepakatan bersama antara Presiden Federasi Rusia, Vladimir Putin dengan Presiden Republik Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Masjid Kostroma, berada di kota Kostroma berpenduduk sekitar 300 ribu orang, berada di utara Moskow, dengan Imam masjid Fabriz Nurutdinov, warga negara asli Rusia.

Meski warga negara asli Rusia, Fabriz Nurutdinov, yang menjadi imam dari satu-satunya masjid di kota tersebut, merupakan lulusan S2 jurusan Tarbiyah pada 2012 dari UIN Malang. Tidak itu saja kaitannya dengan Indonesia, ia juga memiliki seorang istri, WNI asal Lamongan.

KBRI Moskow dalam keterangan yang diterima Antara London, Senin menyebutkan selain sebagai imam, di masjid yang berada di kota Kostroma, sekitar 340 km sebelah utara Moskow itu, Fabriz Nurutdinov juga menjabat Direktur Organisasi Pengembangan Kebudayaan Islam Kostroma.

Ed : Muttaqin | voa-islam.com