Kantor berita Turki Anadolu Agency mengembangkan sayap internasional dengan layanan berita bahasa Indonesia pada Senin malam (23/10/2017) di Jakarta. Anadolu Agency menjadi layanan bahasa ke -12, layanan berita bahasa Indonesia ini dapat diakses di www.aa.com.tr/id. berita Anadolu Agency telah digunakan oleh 1.694 subscirbers dari 45 negara.

“Anadolu Agency biro Indonesia merupakan kedekatan Turki dan Indonesia, kami berharap persahabatan dan persaudaraan kita akan semakin kuat dalam semua aspek kehidupan,” kata Deputi Direktur Jenderal Anadolu Agency, Mustafa Ozkaya.

Ia mengatakan, Indonesia merupakan negara prioritas Anadolu Agency. Dengan populasi lebih dari 260 juta Indonesia memiliki posisi penting di kawasan Asia Pasifik.

Turki dan Indonesia memiliki kedekatan sejarah di masa silam. Peresmian Anadolu Agency layanan berita bahasa Indonesia merupakan upaya merekatkan kembali, sekaligus memperkuat hubungan bilateral kedua negara, dengan menyiarkan kisah menarik seputar kehidupan Indonesia ke seluruh dunia dalam 12 bahasa.

Sementara itu, Kepala Biro Anadolu Agency Indonesia Dandy Koswaraputra mengatakan Anadolu Agency bahasa Indonesia telah memulai kegiatannya sejak Juli lalu.

Dengan awak 20 jurnalis yang tersebar di Jakarta, Ankara dan Istanbul, Anadolu Indonesia biro Jakarta memproduksi sekitar 50 berita, 40 foto dan 2 video setiap hari. “Tim kami tidak banyak, namun solid,” pungkasnya

Ia menambahkan, Anadolu Agency juga memiliki jaringan kantor berita lebih dari 40 kota di dunia, dengan representative jurnalis di 97 negara dan pegawai dari 74 kewarganegaran.