Bantuan Mobil Tangki Air untuk Lombok di Rakerwil DDII NTB

Dewan Da’wah News, NTB – Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun 2018-2023 di Hotel Arum Jaya, Mataram, Sabtu-Ahad (30-31/03/2019).

Rapat Kerja merupakan kegiatan Lima tahunan Dewan Dakwahyang membahas tentang rencana kegiatan dan anggaran untuk Lima tahun yang akan datang. Dalam Rapat Kerja kali ini dihadiri oleh pengurus Dewan Da’wah provinsi, perwakilan Dewan Da’wah kabupaten kota, da’i-da’i lapangan serta guru-guru ngaji binaan Dewan Da’wah NTB, perwakilan dari kantor Kementerian Agama Provinsi NTB, Bimas Islam Kemenag Provinsi NTB dan perwakilan ormas-ormas Islam.

Dalam sambutannya TGH Muharrar Mahfudz Ketua Dewan Da’wah NTB mengingatkan bahwa tantangan dakwah saat ini semakin kompleks sehingga para da’i dituntut untuk profesional dengan memegang 3 prinsip dasar dakwah:

1. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan tingkat berfikir mad’u.

2. Berkomunikasi sesuai dengan bahasa mad’u.

3. Menempatkan mad’u sesuai kapasitasnya.

Kemudian Ustadz Drs. H. Muhammad Amin, M.Pd. Kepala Bidang Bimas Islam Kantor Kementerian Provinsi NTB dalam sambutannya menyampaikan dua poin;

Pertama, tugas terberat da’i adalah menyelamatkan aqidah ummat dan memperjuangkan bangsa. Umat dan bangsa bisa diselamatkan dengan dakwah.

Kedua, beliau berharap baik pengurus Dewan Da’wah dan para da’inya dapat menjadi perekat dan penyejuk ummat.

Agar acara rakerwil semakin hidup pihak panitia menambahkan sesi diskusi panel yang mengangkat tema “Merajut Ukhuwah Dengan Dakwah.” Menghadirkan 4 pembica di anataranya perwakilan Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama NTB, Pimpinan Wilayah Nahdlatul Wathan NTB,  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTB dan Dekan Fakultas Dakwah UIN Mataram.

Kesimpulan dari diskusi panel tersebut adalah tugas dakwah merupakan tugas umat Islam bersama sehingga untuk memetakan permasalahan dakwah di NTB serta mencari jalan keluarnya Kementerian Agama, MUI, ormas-ormas Islam dan unsur umat Islam lainnyan perlu membuat mapping (pemetaan) dakwah.

Di akhir acara, Laznas Dewan Da’wah yang turut hadir menyerahkan bantuan mobil tangki air untuk Lombok yang masih dalam tahap rehabilitasi pasca bencana dan daerah-daerah sekitar yang membutuhkan air bersih. Bantuan tersebut secara resmi diterima oleh TGH Muharrar Mahfudz Ketua Dewan Dakwah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Koresponden: Hamdani

Editor: Tamam