Hari Raya Idul Adha 1433 H yang lalu adalah momen yang penting untuk mengawali pembinaan diniyah dan ruhiyah bagi warga Eromoko dan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Eromoko, merupakan daerah yang kekurangan air, yang rawan pemurtadan aqidah, sebanyak 90 persen warga tetangga dusun Pucung Eromoko telah dimurtadkan. Sedangkan Paranggupito, daerah yang sangat perlu dibantu dalam pembinaan diniyah, karena umat islam disana sangat awam dalam hal ibadah yang mendasar,misalnya sholat.

 

Bermula dari pelaksanaan program Lazis Dewan Da’wah Jateng yaitu bantuan Sumur Buat Sedulur (pembangunan saluran air dari sumber air sungai bawah tanah di dalam gua Suruh) yang saat ini difokuskan di Eromoko dan masih berlangsung proses pembangunannya, kemudian berlanjut ke bantuan pembinaan diniyah dan ruhiyah untuk warga Eromoko dan Paranggupito, kabupaten Wonogiri. Tim dakwah yang dikirim Dewan Da’wah Jateng mendapat dukungan dari berbagai elemen dakwah, diantaranya, LKG TPQ Solo Raya, Hilal Ahmar Society Solo, BMH (Hidayatullah), KB TK FATIHA Solo, PT. Qomari Solo. Kegiatan yang diadakan disana diantaranya, penyembelihan hewan qurban, pembinaan TPA (anak dan remaja), tabligh akbar, baksos dan pengobatan gratis.

 

Diawali dengan penyembelihan hewan qurban di Paranggupito dan Eromoko. Jumlah qurban yang diserahkan kepada warga melalui Lazis Dewan Da’wah Jateng sebanyak 2 ekor sapi dan 1 kambing untuk Eromoko, sedangkan Paranggupito 2 ekor Sapi dan 12 kambing. Kedua tempat tersebut selama ini, baru pertama kali ini melakukan qurban sapi, karena tahun-tahun sebelumnya hanya mendapatkan qurban kambing yang jumlahnya minim. Daging qurban didistribusikan ke warga sebanyak 850 KK di kedua daerah tersebut. Pembagian daging qurban ini menjadi magnet atau daya tarik yang kuat bagi warga setempat, karena baru kali ini mendapatkan daging qurban berupa sapi dan jumlahnya dirasa cukup banyak.

 

Antusiasme warga juga terlihat ketika LKG TPQ Solo Raya melaksanakan program Bedah Desa dengan kegiatan yang dilakukan dianataranya melakukan pembinaan terhadap warga, guru-guru TPA, remaja dan anak-anak di daerah tersebut. Banyak warga yang belum mengerti bagaimana cara sholat, berwudlu dan ibadah dasar lainnya. Dengan memberikan gambaran, salah satunya melalui media video, tentang bagaiman cara berwudlu, mereka dengan antusias memperhatikan dengan sungguh-sungguh. Anak-anak sangat senang dengan acara outbond yang dibimbing oleh kakak-kakak LKG TPQ Solo Raya.

 

Dalam acara bakti sosial, ada penyerahan pakaian pantas pakai, baik yang masih baru maupun bekas. Masyarakat juga mendapatkan pelayanan medical check up, dicek kesehatannya melalui pengobatan gratis. Dokter dan perawat berasal dari BMH sedangkan obat-obatan disediakan dari Hilal Ahmar Society Solo.

 


Acara puncaknya adalah tabligh akbar yang diselenggarakan di Eromoko, dengan pembicara Ust. Aris Munandar Al-Fatah (Direktur Eksekutif Islamic Center Dewan Da’wah Jateng). Hadir dalam tabligh akbar ini sebanyak 500 warga. Di akhir acara diputarkan film dokumenter tentang perjuangan warga Eromoko, yang dibantu KMPA Giri Bahama UMS serta didukung pembiayaannya oleh LAZIS Dewan Da’wah Jateng, untuk mendapatkan setetes air dari dalam gua Suruh yang dalamnya melebihi 20 meter di bawah tanah dengan medan yang berat.

 

Warga melalui perangkat desa, sangat berterima kasih kepada tim Da’wah Dewan Da’wah Jateng yang telah membantu warga Eromoko dan Paranggupito. Namun,mereka meminta, tidak hanya sekali ini saja pembinaan yang dilakukan kepada warganya, tetapi berlanjut terus rutin dalam beberapa waktu ke depannya. Karena warga di kedua tempat tersebut membutuhkan pembinaan diniyah dan ruhiyah untuk membentengi aqidah mereka dari ancaman pemurtadan yang dilakukan para missionaris.

 

Oleh karena itu, Dewan Da’wah Jateng telah membuat program pembinaan untuk masyarakat Eromoko & Paranggupito dengan mengirimkan para da’i pedalaman yang secara rutin dan berkelanjutan berdakwah kepada masyarakat setempat. Program ini segera digulirkan Dewan Da’wah Jateng dengan pendanaannya disokong oleh LAZIS Dewan Da’wah Jateng. (fujamas.net)