Di acara yang mengambil tema ”Mengawal Aqidah, Menegakkan Syariat, Merekat Ukhuwah” ini, Ketua Dewan Da’wah Ustadz Misbach Malim turut memberikan tausiah dan pembekalan kepada Peserta Raker.

 

Dalam tausiahnya, ustadz Misbach mengatakan da’wah pada era sekarang ini memiliki empat tantangan besar yaitu penyimpangan aqidah yang sesat, penyebaran pemahaman yang sesat, hukum yang tidak adil serta masalah pornografi.

 

”Empat hal tersebut akhir-akhir ini sudah merasuki seluruh aspek kehidupan masyarakat dan hal ini harus disikapi dengan strategi yang santun, jitu dan cerdas dari para penda’wah, karena jika dibiarkan akan merugikan bagi ummat”, ujar Misbach.

 

Misbach juga mengatakan bahwa Dewan Da’wah didirikan dengan salah satu tujuan untukmengawal aqidah ummat dari segala faham dan pemikiran yang dapat merusak iman dan akhlak kaum muslim.

 

”Untuk masalah aqidah Dewan Da’wah tidak akan pernah berkompromi, karena Islam mengajarkan bahwa hanya dengan da’wah aqidah ummat dapat terjaga”, tambah Ustadz Misbach, sapaan akrabnya.

 

Kepada peserta Raker, Ustadz Misbach berpesan agar dapat memanfaatkan momen ini untuk bermusyawarah dan merumuskan program kerja Dewan Da’wah Bandung tahun 2012. ”Dari Raker ini hendaklah dihasilkan program kerja yang nyata yang berguna dan bermanfaat untuk kepentingan ummat, serta diharapkan terus bersinergi dengan berbagai pihak seperti pemerintah, lembaga serta ormas Islam agar da’wah dapat berjalan dan berkembang di kota kembang ini”, Ujar Ustadz Misbach.

 

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Dewan Da’wah Jawa Barat Ustadz Bahrul Hayat mengatakan bahwa sejak dilantik, Dewan Da’wah Kota Bandung senantiasa aktif berkiprah di masyarakat.

 

”Dewan Da’wah Bandung merupakan salah satu Dewan Da’wah tingkat Kota yang dalam kegiatannya senantiasa bermitra dengan pemerintah dan lembaga atau ormas lainnya dalam menjalankan misi da’wah”, ujar Bahrul.

 

Senada dengan Ustadz Misbach, ustadz Bahrul juga berharap agar dalam Raker ini dapat menghasilkan program kerja yang dapat dirasakan ummat muslim di Kota Bandung.

 

Ketua Dewan Da’wah Bandung Muchsin Al Fikri dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa Rapat Kerja ini dilaksanakan sebagai forum untuk melakukan evaluasi program tahun 2011 serta merumuskan dan menentukan program kerja 2012.

 

Raker Dewan Da’wah ini juga dihadiri oleh Kepala Bagian Kesra Pemerintah Kotamadya Bandung yang mewakili Walikota Bandung dalam sambutannya mengatakan bahwa Dewan Da’wah Bandung senantiasa berkoordinarsi dengan Pemerintah Kota Bandung setiap menjalankan program da’wahnya.

 

”Pemkot Bandung mengucapkan terima kasih atas peran Dewan Da’wah dalam mendukung dan membantu Pemerintah Kota Bandung dalam menjalankan misi da’wah dimasyarakat Bandung serta berharap agar kerjasama ini dapat berlanjut dikemudian hari, sehingga kemitraan ini dapat terus terjalin dengan baik dan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk ummat muslim di Bandung”, ujar Kabag Kesra Pemkot Bandung ini.

 

Acara Raker ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Bapak Asep Dedy Riyadi serta utusan dari lembaga dan ormas Islam yang ada di Kota Bandung. (RM)