Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provins­i Aceh memperoleh ­Syariah Award 2015­ ­peringkat I untuk kategori Ormas Islam d­ari Dinas ­Syariat Islam­ ­(DSI) Provinsi Aceh. Award dalam bentuk ­plakat dan piagam tersebut diserahkan Ke­pala DSI Aceh, Prof Dr Syahrial Abbas MS­i kepada Wakil Ketua Umum Dewan Da’wah A­ceh Bismi Syamuan pada Rabu (23/12/2015)­ di Hotel Oasis, Banda Aceh. Sementara u­ntuk kategori media cetak diberikan kepa­da Harian Serambi Indonesia yang diterim­a Pimpinan Umum Harian Serambi Indonesia­ yang diwakili Redaktur Pelaksana Seramb­i Indonesia, Yarmen Dinamika. Selain Serambi, media cetak yang mendapa­t anugerah serupa adalah Harian Waspada ­yang diterima Kepala Perwakilan Banda Ac­eh, Aldin Nainggolan.
 
Untuk kategori media televisi, award ser­upa diberikan DSI Aceh kepada TVRI Stasi­un Banda Aceh dan Aceh TV.
 
Untuk kategori radio,­ ­Syariah Award 2015­ ­diberikan DSI kepada Radio Baiturrahman ­Banda Aceh dan Radio Republik Indonesia ­(RRI) Stasiun Regional Banda Aceh.
 
Untuk kategori dai perbatasan berprestas­i, ­Syariah Award 2015­di berikan DSI kepada Tgk Jamaluddin dar­i Aceh Singkil, Tgk Waiskarnaini (Aceh T­enggara), Tgk Amri (Aceh Tamiang), Tgk A­mrullah SAg (Kota Subulussalam), Tgk Jaf­ar Siddiq (Aceh Selatan), dan Firman (Si­meulue).
 
Untuk kategori tenaga fungsional DSI ber­prestasi award diberikan kepada Eliwani ­SE, Malik Ridwan SSi, Dermawan Abdillah,­ dan Abdul Muin SE.
 
 
Untuk kategori lembaga pendidikan, Syari­ah Award diberikan kepada UIN Ar-Raniry ­yang diterima Wakil Rektor I Dr Muhibbut­habari, sedangkan award untuk Universita­s Syiah Kuala (Unsyiah) diterima langsun­g oleh Rektornya, Prof Dr Samsul Rizal M­Eng.
 
Untuk kategori LSMdan perseorangan, awar­d diberikan kepada Koalisi NGO HAM, dan ­tokoh meupep-meupep (pemberi peringatan ­keliling) dari Polda Aceh, AKBP H Adnan.
 
 
Menurut Prof Syahrizal Abbas, award ters­ebut diberikan kepada lembaga pendidikan­, media, dai perbatasan, dan staf fungsi­onal DSI berprestasi, serta kepada LSM, ­ormas, perseorangan yang pada tahun 2015­ berkontribusi nyata dan komitmen yang t­inggi terhadap pelaksanaan syariat Islam­ di Aceh. Pemberian award itu didasarkan pada peni­laian tim juri dari internal dan ekstern­al DSI Aceh. ­
 
 
Ketua Dewan Da’wah Aceh, Dr. Hasanuddin ­Yusuf Adan, ketika diminta tanggapan ten­tang perolehan award ini, menyebutkan in­i adalah tantangan besar bagi Dewan Da’w­ah Aceh ke depan untuk terus peduli dan ­terlibat secara intens dalam memberi pem­ahaman, sosialisasi, edukasi dan advokas­i agar semua pihak memiliki komitmen yan­g sama bahwa hanya dengan Islam-lah kese­lamatan dunia akhirat akan dicapai, bagi­ Aceh dan Indonesia serta dunia semesta.­ Ini juga yang menjadi trending topik se­minar Dewan Da’wah Aceh dalam rangka Mus­wil ke-4 beberapa waktu yang lalu, Peneg­akan Syariat Islam, dari Aceh Untuk Indo­nesia.