Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia menetapkan Iedul Adha pada hari Kamis, Tanggal 24 September 2015. Keputusan ini diambil berdasarkan wukuf jamaah Haji di Arafah yang dilaksanakan pada hari Rabu, 23 September 2015, sehingga otomatis pada keesokan harinya adalah hari raya Iedul Adha 1436 H.  Sebagai informasi, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menetapkan pelaksanaan Wukuf di Arafah 2015 jatuh pada hari Rabu, 23 September, dan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis, 24 September 2015. Keputusan ini diambil setelah lembaga pemantau hilal Kerajaan melakukan pengamatan terhadap peredaran bulan.

Dalam pengamatan yang dilakukan pada Minggu, 13 September 2015, hilal sebagai tanda jatuhnya 1 Dzulhijjah 1426 Hijriah belum terlihat. Sehingga, Pemerintah Arab Saudi menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Selasa, 15 September 2015.

Arab Saudi merupakan negara yang menggunakan kalender Islam berdasarkan pengamatan posisi bulan. Metode ini terkadang menemukan kesulitan tersendiri akibat sejumlah faktor.Sebelumnya, pemerintah Indonesia juga menetapkan keputusan yang sama. Dalam sidang isbat yang digelar kemarin sore, Idul Adha diputuskan jatuh pada hari yang sama dengan keputusan Kerajaan Arab Saudi. (TH)