Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Kota Bandung, meluncurkan website dengan format situs berita dengan alamat www.dewandakwahbandung.com.  Ketua Dewan Da’wah Kota Bandung, Muchsin Al-Fikri, S.Sos menjelaskan bahwa program pembuatan website da’wah ini adalah salah satu program kerja Dewan Da’wah Kota Bandung Tahun 2012 yang dihasilkan pada Rapat Kerja Dewan Da’wah Kota Bandung yang dilaksanakan pada akhir tahun 2011 lalu.

 

 

 

Menurut Muchsin, peluncuran www.dewandakwahbandung.com   tidak terlepas dari perkembangan teknlogi internet yang semakin pesat  yang didukung dengan semakin mudah dan relatif murahnya fasilitas untuk mengakses jaringan global ini. “Hadirnya akses internet merupakan media yang tidak bisa dihindari karena sudah menjadi peradaban baru dalam dunia informasi dan komunikasi tingkat global”. jelasnya.

 

 

 

Dengan adanya akses internet, maka sangat banyak informasi yang dapat dan layak diakses oleh masyarakat luas, baik untuk kepentingan pribadi, pendidikan, bisnis dan lain-lain. Dimana munculnya jaringan internet dianggap sebagai sebuah revolusi dalam dunia komunikasi dan informasi.

 

 

 

Pada saat pertama kali internet diperkenalkan oleh para ilmuan barat, hampir dari kebanyakan tokoh Islam merasa curiga dan khawatir akan efek dari temuan teknologi tersebut. Namun pemikir Islam adalah Syria Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan al-Buthi berkata: ternyata jaringan internet yang hampir menelan seluruh penjuru dunia adalah merupakan lahan luas yang disitu bertebaran podium-podium yang menyuarakan kepentingan Islam dengan memperkenalkan, mengajak (da’wah), membela dan memecahkan berbagai problema.

 

 

 

Da’wah melalui jaringan internet dengan WEBSITE sebagai MIMBARnya ditambah dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, twitter sebagai media untuk penyebaran konten da’wah dinilai sangat efektif dan potensial dengan berbagai alasan, diantaranya : Mampu menembus batas ruang dan waktu dalam sekejap dengan biaya dan energi yang relatif terjangkau, Pengguna jasa internet setiap tahunnya meningkat drastis, ini berarti berpengaruh pula pada jumlah penyerap misi da,wah.  Para pakar dan ulama yang berada dibalik media da’wah via internet bisa lebih konsentrasi dalam menyikapi setiap wacana dan peristiwa yang menuntut status hukum syar’i,  Dakwah melalui internet telah menjadi salah satu pilihan masyarakat. Berbagai situs mereka bebas memilih materi dakwah yang mereka sukai, dengan demikian pemaksaaan kehendak bisa dihindari, Cara penyampaian yang variatif telah membuat dakwah Islamiyah via internet bisa menjangkau segmen yang luas. (amresobri/blogpungkur.com)