Rombongan Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) mengunjungi Markaz Dewan Dakwah Aceh di Gampong Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Sabtu (09/01/2016) malam.

Kedatangan rombongan yang terdiri dari Presiden ABIM 2011–2015 Amidi bin Abdul Manan, Wakil Presiden ABIM Mohd Naim Mohd Noor, Ketua Islamic Outreach ABIM P. Aizan bin Tukirin dan Pimpinan ABIM wilayah Syah Alam Imran Yusuf ini disambut oleh Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Tgk Hasanuddin Yusuf Adan dan pengurus lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, ABIM bertujuan memperkuat silaturrahim kedua organisasi Islam ini, baik ABIM maupun Dewan Dakwah Aceh keduanya saling memaparkan dan memperkenalkan program-program yang telah, sedang dan akan dilaksanakan.

“Alhamdulillah, terima kasih yang tak berhingga kami haturkan kepada rombongan ABIM yang sudah bisa berhadir ke Markaz Dewan Dakwan Aceh ini, semoga suatu saat nanti kami pun diberi kuasa untuk bisa hadir ke Markas ABIM di Malaysia,“ kata Ketua Dewan Dakwah Aceh Tgk Hasanuddin Yusuf Adan ketika memberikan sambutan mengawali silaturrahim tersebut.

Tgk Hasanuddin menjelaskan bahwa Dewan Dakwah merupakan organisasi berbentuk yayasan yang didirikan oleh salah seorang tokoh nasional yaitu Allahu Yarham Muhammad Natsir yang merupakan Ketua Partai Masyumi pada saat itu. Untuk Provinsi Aceh sudah berdiri sejak tahun 1991 dan telah tersebar di 23 Kab/Kota.

“Saat ini kita sedang mengembangkan Akademi Dakwah Indonesia (ADI) sebagai cikal bakal pembentukan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID). Juga mengembangkan dakwah di daerah perbatasan Aceh dari upaya kristenisasi,” jelas Tgk Hasanuddin.

Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry ini berharap akan dapat bekerjasama secara kongkrit dengan ABIM dalam hal pembinaan kaderisasi dan pertukaran da’i serta adanya saling tukar informasi demi kemaslahatan ummat.

Sementara itu Wakil Presiden ABIM Mohd Naim Mohd Noor menyambut baik silaturrahmi ini. Karena menurutnya pergerakan Dewan Dakwah sama dengan ABIM. Dan mareka pun pernah menyelenggarakan seminar tentang sumbangan Muhammad Natsir (Pendiri Dewan Dakwah) di Malaysia.

Ia menjelaskan saat ini yang menjadi tumpuan ABIM diantaranya sekolah, rumah sakit, koperasi Islam dan mesjid tour guide.

“ABIM akan bekerjasama dengan Dewan Dakwah Aceh dan untuk program-program selanjutnya akan dikomunikasi kembali,” Tutup Mohd Naim.

Bagi pembaca yang ingin mengenal lebih jauh tentang ABIM silahkan buka situs resminya di www.abim.org.my. (Hidayatullah.com)