Lembaga Amil Zakat Nasional Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (Laznas Dewan Dakwah) bekerja sama dengan Dewan Dakwah Provinsi Banten, menggelar Training Guru di Serang, Banten, Jumat, 11 Agustus lalu.

Training bertajuk Strategi Meningkatkan Kapasitas Guru itu diikuti para guru dan kepala sekolah, antara lain dari SD dan MA Persatuan Islam (Persis) 72 Serang, SMP Muhammadiyah Kota Serang, SMK Negeri Pertanian, SMP Islam Al Azhar 11, dan MTs Negeri 1 Serang.

Bertindak sebagai fasilitator Training Guru adalah trainer dan konsultan pendidikan, H Deddy Djuandi.

Dalam sambutan pada pembukaan training, Ketua Dewan Dakwah Banten Dr HM Syamsuddin MPd menyampaikan, penyelenggaraan training gratis ini merupakan kepedulian Dewan Dakwah terhadap kualitas pendidikan Indonesia, khususnya di Banten.

Dewan Dakwah Banten, kata Syamsuddin, juga menjadikan pendidikan sebagai wahana kaderisasi dakwah dengan menyelenggarakan pendidikan tingkat diploma dua tahun yakni Akademi Dakwah Islam (ADI).

‘’Sebagian mahasiswa ADI Banten juga turut menjadi panitia dan peserta Training Guru ini,’’ ungkap Ketua Dewan Dakwah Banten.

Materi yang disampaikan Deddy adalah kiat menjadi guru profesional. ‘’Karakter guru profesional antara lain memiliki sense of humor, positive thinking, dan good attitude,’’ terang Deddy.

Para peserta sangat tertarik dengan penampilan Deddy yang dinamis, humoris, dan terlebih menyelipkan atraksi sulap yang impresif sebagai selingan.

Usai training jelang waktu Jumatan, sebagian peserta meminta agar training serupa diadakan lagi secara khusus di sekolah mereka masing-masing.

‘’Insyaallah training guru seperti ini akan kita gelar lagi di Banten setelah musim haji,’’ kata Bendahara Dewan Dakwah Banten, Jazuli Mukri, yang belum lama ini ditunjuk sebagai Camat Baros.

Rep : Nurbowo