Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Dewan Dakwah mengirim Dai Ramadhan ke Pedalaman Nusantara. Melalui Program Kafilah Dakwah, sebanyak 100 juru dakwah ditempatkan di pelosok desa yang tersebar di 10 provinsi.

Pelepasan Kafilah Dakwah Angkatan X ini digelar pada Senin, 30 Mei 2016, di Masjid Al Furqon Jl Kramat Raya 45 Jakarta Pusat. Acara ini didukung CIMB Niaga Syariah.

“Para dai yang merupakan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mohammad Natsir ini akan mendampingi warga pedalaman selama dua bulan dari Ramadhan hingga Syawal. Jadi, mereka tidak merayakan Lebaran bersama keluarga masing-masing,” tutur Ketua STID M Natsir Dr Ahmad Misbahul Anam pada sambutan pelepasan.

Ia menambahkan, lokasi Kafilah Dakwah secara umum merupakan daerah pedalaman, terasing, minoritas Muslim, dan miskin secara spiritual maupun material.

Sebanyak 68 dai mahasiswa ditempatkan di Pulau Sipora Mentawai Sumatera Barat, Pulau Enggano Bengkulu, Badui Dalam Banten, Tengger Jawa Timur, Sintang Kalimantan Barat, Seruyan Kalimantan Tengah, Oesalaen Pulau Semau NTT, dan Luwuk Sulawesi Tengah.

Sedang juru dakwah akhwat mengabdi di Desa Tanjung Karang, Cigalontang, Tasikmalaya.

Direktur Eksekutif LAZIS Dewan Dakwah, H Ade Salamun, mengajak kaum muslimin menyalurkan zakat, infak, dan sedekah untuk masyarakat binaan para dai tersebut.

Donasi silakan dikirim ke rekening BMI 301 007 1846 atau BSM 700 132 7539 atas nama Lazis Dewan Da’wah.[nurbowo]