Dewan Da’wah Kabupaten Kuburaya, Kalimantan Barat resmi membuka Rumah Tahfidz Khadijah pada Senin (17/7) lalu. Rumah Tahfidz ini memanfaatkan kantor sekretariat Dewan Da’wah Kuburaya sebagai pusat kegiatan. Rumah yang berdampingan langsung dengan kediaman H. Darmin (Ketua Dewan Da’wah Kuburaya) berlokasi di Jl. Wonodadi 2, sekitar 2 KM dari Bandara Supadio Pontianak.

Rumah Tahfidz ini merupakan Rumah Tahfidz ketiga di lingkungan Dewan Da’wah setelah dua Rumah Tahfidz sebelumnya berdiri di wilayah Dewan Da’wah Provinsi Lampung. Tercatat, ada 12 santri yang menjadi peserta didik perdana dan siap menimba ilmu sembari menghafal Al Qur’an.  Dalam kesehariannya mereka dibimbing oleh beberapa musyrif (pendamping) salah satunya Ustadz Muhtarom, S. Kom.I yang merupakan alumni Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Kabupaten Sambas dan telah menyelesaikan studinya di STID Mohammad Natsir.

Selain menghafal Al Qur’an, santri Rumah Tahfidz Dewan Da’wah Kuburaya dibekali dengan sejumlah ketrampilan untuk mewujudkan kemandirian dlm kehidupan. Diantara ketrampilan yang sedang dan akan diajarkan adalah;
pembuatan tempe tahu, budidaya ikan lele organik, kelistrikan dan pengolahan air bersih.

Kehadiran Rumah Tahfidz ini diharapkan dapat menginspirasi Dewan Da’wah di tempat yang lain untuk segera merintis amal da’wah dan amal usaha yg memungkinkan. Insya Allah, jika pada saatnya nanti terlahir generasi Hafidz Al Qur’an di lingkungan Dewan Da’wah yang mampu berbahasa Arab dan Inggris serta memiliki keterampilan memadai.

Ed : Muttaqin | Foto : Bid. Pendidikan dan Da’wah