Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama periode 1999-2010 KH. Hasyim Muzadi meninggal dunia sekitar pukul 06.15 WIB, Kamis (16/3), di kediamannya di kompleks Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Jawa Timur. Kyai Hasyim yang lahir di Bangilan, Tuban, 72 tahun silam tutup usia setelah menjalani perawatan akibat penyakit yang dideritanya.

Semasa hidupnya Kyai Hasyim merupakan salah satu ulama dari NU yang sangat dihormati. Ia telah aktif berorganisasi sejak 1960-an dan telah menduduki sejumlah jabatan penting di tubuh NU

Ia tokoh yang dikenal berpandangan moderat. Ia kerap diundang dalam forum-forum internasional untuk berbicara mengenai Islam. Pada 2008 Kyai Hasyim bahkan pernah menjadi undang kehormatan dalam acara The 56th National Prayer Breakfast, sebuah forum internasinal yang digelar tahunan, di New York, Amerika Serikat.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Amerika kala itu, George W Bush dan para pemimpin dan pemuka agama dari seluruh dunia.

“Karakter Islam terletak pada kelembutannya,” kata Kyai Hasyim ketika menjadi narasumber Forum Bahtsul Masail Kongres Ke-17 Muslimat NU, Jumat (25/11) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, seperti dilansir dari situs resmi NU.

Kyai Hasyim juga aktif berkecimpung di dunia politik. Ia pernah menjadi anggota DPRD Tingkat I Jawa Timur pada tahun 1986 dari Partai Persatuan Pembangunan.

Perjalanan politiknya mencapai puncak pada 2004 saat digandeng Megawati Soekarnoputri menjadi calon wakil Presiden di Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2004. Pasangan Megawati-Hasyim kalah dari Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla di putaran kedua.

Keluarga Besar Dewan Da’wah turut berduka cita, semoga amal beliau diterima di sisi Allah Ta’alaa, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. aminn

Ed : Muttaqin | dari berbagai sumber