Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Provinsi Aceh (Dewan Dakwah Aceh) menyalurkan daging kurban untuk masyarakat miskin yang berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar. Tahun ini Dewan Dakwah Aceh mengumpulkan hewan kurban yang terdiri dari 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing serta 20 kantong kupon daging tumpok.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Umum Dewan Dakwah Aceh Said Azhar, S.Ag di saat pembagian daging kurban kepada masyarakat miskin di Komplek Markaz Dewan Dakwah Aceh di Gampong Rumpet, Kec. Krueng Barona Jaya, Kab. Aceh Besar, Kamis (15/9). Sedangkan pembagian daging kurban secara simbolis dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Dr. Tgk. Hasanuddin Yusuf Adan, M.CL MA yang turut disaksikan oleh pengurus lainnya dan undangan yang hadir.

“Alhamdulillah, Idul Adha 1437 H ini Dewan Dakwah Aceh masih bisa menyalurkan hewan kurban kepada keluarga miskin. Semoga di tahun mendatang akan banyak lagi hewan kurban yang bisa kita kumpulkan, sehingga akan banyak pula keluarga miskin yang akan menerima bantuan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah mempercayai Dewan Dakwah Aceh untuk menyalurkan hewan kurban ini,” kata Said Azhar.

Ia merincikan dari sejumlah hewan kurban yang terkumpul tersebut, 2 ekor diantaranya diserahkan kepada masyarakat Gampong Rumpet Kec. Krueng Barona Jaya dan 1 ekor kepada Pesantren Hidayatullah di Gampong Nusa Kec. Lhok Nga Kab. Aceh Besar. Sisanya 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing dibagikan di Markas Dewan Dakwah Aceh.

“Semua daging kurban ini telah dibagikan kepada keluarga miskin dan mareka yang membutuhkannya. Semoga dengan pelaksanaan kurban ini dapat kita ambil hikmah dan pembelajaran dalam kehidupan kita atas pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim As beserta keluarganya. Juga dengan bantuan ini akan terus mempererat tali persaudaraan serta memperkuat ukhuwah islamiyah antara Pengurus Dewan Dakwah Aceh dengan semua lapisan masyarakat,” ujar Said Azhar.

Sementara itu Ketua Panitia kurban Dewan Dakwah Aceh Zulfikar Tijue, SE yang didampingi Sekretaris Panitia Suwardi Isiem, SKM menjelaskan hewan kurban tersebut berasal dari Pengurus Dewan Dakwah Aceh dan para donatur lainnya.

“4 ekor sapi tersebut, berasal dari Pengurus Dewan Dakwah Aceh 2 ekor dan 2 ekor lagi dari Baitul Mal Hidayatullah (BMH) Semarang. Kemudian 2 ekor kambing dari Pengurus Dewan Dakwah Aceh dan AMCF serta 20 kantong kupon daging tumpok dari Lembaga Tahfiz Sulaimaniyah Turki,” sebut Zulfikar.

Ia menambahkan setelah selasai pembagian daging kurban di Markas Dewan Dakwah Aceh itu, diakhiri dengan makan siang bersama dengan menu khas masak kuwah beulangong, yang turut dihadiri oleh civitas akademika dari Fakultas Sains & Teknologi serta Fakultas Syari’ah dan Hukum Islam UIN Ar-Raniry.[saidazhar]