Maraknya perceraian di Kota Padang, yang cenderung naik sejak tahun 2010 hingga 2015, mendorong Dewan Da’wah Sumbar menggelar Pelatihan Pra Nikah untuk Calon Pengantin di Kantor KUA Koto Tangah Padang, Selasa, 8 Maret 2016. Sengaja dipilih Kecamatan Koto Tangah sebagai tempat pertama karena kecamatan ini memiliki populasi warga terbesar dibandingkan kecamatan lainnya di kota Padang.

Hal ini diungkapkan oleh Melyarti Syarif, Ketua Muslimat Dewan Da’wah Da’wah ditempat acara. Menurut Melyarti, pelatihan pra nikah bertujuan utuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan kepada pasangan yang memiliki keinginan menikah sebagai bekal memasuki kehidupan berumahtangga sehingga mampu mengantisipasi berbagai masalah dan kondisi yang akan ditemui dalam suatu pernikahan yang dapat berujung pada perceraian. “Kita prihatin, sejak tahun 2010 sampai dengan 2015, rata-rata angka perceraian mencapai lebih dari 1000 orang di Pengadilan Agama Padang. Ini yang tercatat,” ujar Dosen IAIN Imam Bonjol Padang ini.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Dewan Da’wah dengan KUA Koto Tangah. Dan peserta adalah calon pengantin di lingkungan Kecamatan Koto Tangah yang telah mendaftarkan diri ke kantor KUA.  Insya Allah kegiatan serupa akan digelar di tempat lain agar manfaat serupa dapat terwujud merata di Kota Padang, tambahnya lagi.

Ahmad Kosasih, Ketua Dewan Da’wah Sumbar, mengapresiasi kegiatan pelatihan pra nikah, sebab ini salah satu bentuk ikhtiar da’wah yang bisa dilakukan Dewan Da’wah agar umat semakin merasakan kehadiran Dewan Da’wah ditengah-tengah mereka, ujar Dosen Universitas Negeri Padang ini.

Ahmad Kosasih, yang baru-baru ini dilantik sebagai salah seorang Ketua MUI Sumbar, juga mengharapkan kegiatan serupa semakin digalakkan oleh Muslimat Dewan Da’wah, tetapi juga digalakkan oleh komponen umat Islam lainnya, karena keluarga sakinah mawaddah wa rahmah lah kebutuhan pokok bagi terwujudnya negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr,”urainya.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore ini menghadirkan narasumber Dr. Ahmad Kosasih, MA., Dr. Melyarti Syarif, M.Pd., dr. Melda Yelmaiza, dan Arzalil Husni, S.Ag., ini berakhir. Dan esok harinya dilanjutkan dengan Konseling untuk tiap calon pengantin oleh Melyarti. [Jimmi Syah Putra Ginting, Sekretariat Dewan Da’wah Sumbar]