Hiraukan Gencatan Senjata, Israel Terus Memborbardir Gaza

Gaza – Pesawat-pesawat tempur Israel terus menyerang Kota Gaza pada Selasa (26/03/2019), meskipun ada laporan gencatan senjata.

Menurut para saksi mata, Israel menargetkan sebuah pos milik sayap bersenjata Hamas Brigade Izzuddin al-Qassam di kota Beit Hanun di Jalur Gaza utara. Serangan menyebabkan kebakaran besar di dekat Masjid Omar bin Abdulaziz di dekatnya.

Pesawat tempur dan unit artileri Israel juga terus menyerang sejumlah besar area pertanian di Gaza selatan, utara dan tengah.

Militer Israel mengonfirmasi bahwa pesawat tempurnya telah melakukan 15 pemboman di Jalur Gaza. Serangan itu diklaim untuk menanggapi roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza pada hari Senin.

Pada Senin malam, Hamas mengumumkan bahwa Mesir memediasi gencatan senjata antara Israel dan faksi-faksi berbasis di Gaza. Namun, Israel maupun Mesir tidak secara resmi mengonfirmasi gencatan senjata yang dilaporkan.

Pada Senin pagi, tembakan roket yang berasal dari Gaza dilaporkan menyebabkan tujuh orang Israel terluka. Hal itu ditanggapi dengan gempuran Israel terhadap posisi Hamas di Jalur Gaza.

Faksi-faksi perlawanan Palestina merespon dengan menembakkan roket ke dua kota Israel yang terletak di dekat kantong pantai yang dikelola Hamas.

Tentara Israel dilaporkan telah mengerahkan sistem pertahanan rudal di beberapa lokasi di seluruh negeri, sambil mengirim dua brigade infantri tambahan ke zona penyangga Gaza-Israel.

Sumber: kiblat