ustaz-wahid-alwiWakil Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Abdul Wahid Alwi menyampaikan sejumlah masalah yang mendera bangsa Indonesia. Masalah adab, sopan santun serta ketaatan pada konstitusi menjadi hal yang paling mengkhawatirkan.

“Kita ini sedang krisis adab, sopan santun, dan kepatuhan kepada konstitusi serta aturan negara,” ujarnya dalam pembukaan acara halal bihalal DDII di kantor pusatnya di Masjid Al Furqan, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/8).

Menurutnya, segala macam masalah yang melanda Indonesia merupakan ujian dari Allah. Lebih lanjut, krisis tersebut merupakan tes bagi kesatuan dan persatuan bangsa.

“Ini sudah ketentuan Allah kalau kita sedang dicoba, hanya orang-orang yang beriman yang bisa tenang hadapi tekanan itu,” jelasnya.

Disamping menyampaikan masalah-masalah itu, ia turut memberikan solusi guna mengatasinya. Menurutnya, inilah saatnya bagi umat Islam untuk meningkatkan ketaatan kepada Allah. Ditambah lagi, memperkuat jalinan persaudaraan juga amat penting bagi bangsa.

Selain itu, ia meminta supaya umat Islam mampu berjuang lewat bidang keahliannya masing-masing.”Sebagai Muslim, pelihara keahlian masing-masing dan relakan kemampuan untuk jalan Islam,” imbaunya.

Ia pun mencontohkan agar Muslim dipersilakan menekuni keahlian di bidang kedokteran, insinyur atau pertanian. Sehingga nantinya keahlian itu bisa dikembangkan bagi kemasyalahatan umat. (republika.co.id)