Permasalahan sampah di wilayah Tambun Selatan merupakan hal yang perlu mendapat perhatian. Bila dilihat di kota besar seperti DKI Jakarta, permasalahan tersebut apabila tidak ditangani secara terpadu akan menjadi persoalan tersendiri yang pada akhirnya memerlukan perhatian serius dari Pemerintah diakibatkan tempat pembuangan sampah yang berada di Bantargebang mendapat tanggapan pro dan kontra dari berbagai pihak.

Beranjak dari pengalaman tersebut mendorong Koramil 01/Tambun untuk melakukan upaya penanganan sampah dengan mengajak sebuah Lembaga Pendidikan yaitu Pusdiklat Dewan Dakwah Indonesia untuk menangani sampah di lingkungan sekitar Kampus dengan GERAKAN SEDEKAH SAMPAH.

“Ini merupakan percontohan penanganan sampah yang dipadukan dengan ibadah yaitu sedekah. Dengan sampah kita bisa bersedekah tanpa menunggu harus menggunakan uang baru bisa beramal. Cukup dengan mengumpulkan plastik dan kertas bekas yang ada di sekitar kita, sudah dapat kita gunakan untuk bersedekah. Tentunya kita niatkan dengan ikhlas sebagai tabungan amal akherat”, demikian sambutan Danramil 01/Tambun, Kapten Inf Sutikno pada saat acara Peresmian Gerakan Sedekah Sampah.

Pada saat yang bersamaan Danramil juga menyampaikan Materi Pengarahan Panglima TNI berkaitan kondisi bangsa Indonesia saat ini serta ancaman yang sedang dihadapi bangsa Indonesia sekaligus mengajak seluruh pihak agar bersatu guna menjawab semua tantangan tersebut. Masih dalam kaitan dengan penanganan sampah, pengelolaannya dilakukan oleh Darul Aitam (Rumah Yatim) yang merupakan salah satu bagian dari Pusdiklat Dewan Dakwah. Kegiatan penanganan sampah masih pada tahap perintisan yaitu mengumpulkan sampah plastik/kertas selanjutnya dijual. Setiap orang bisa menjadi pengumpul sampah yang ada di sekitar lingkungan selanjutnya sampah plastik /kertas tersebut dibawa ke tempat yang telah disediakan ataupun dalam jumlah tertentu akan diambil oleh tim penjemput sedekah sampah.

“Harapan kami pada masa mendatang, kita dapat mengolah sampah dengan pengelolaan BANK SAMPAH agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar serta mendaur ulang lebih banyak sampah”, tutur Ustadz Aswan menambahkan.

Dalam sambutannya Camat Tambun Selatan, Drs. Jaoharul Alam, M.E, juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Di latarbelakangi penanganan sampah di Kecamatan Tambun Selatan masih belum optimal. ”Kecamatan Tambun Selatan sudah menyediakan tiga tempat pengolah sampah namun belum optimal dalam penanganan sampah yang ada di wilayah Tambun Selatan. Dengan adanya Gerakan Sedekah Sampah diharapkan dapat menjawab permasalahan sampah di wilayah kita”, ucapnya dalam sambutannya.

Kapolsek Tambun Selatan, Akp. Boby Kusuma Wardana, SIK, NSI, juga menilai positif kegiatan Gerakan Sedekah Sampah, ”Kita semua perlu mendukung kegiatan positif tersebut karena disamping dapat mengatasi permasalahan sampah juga bernilai ibadah” tegasnya.

GERAKAN SEDEKAH SAMPAH merupakan kegiatan rintisan dalam rangka pengelolaan sampah yang lebih besar yang dilakukan dalam pengelolaan BANK SAMPAH. Nantinya diharapkan akan dapat memproduksi alat-alat yang terbuat dari bahan daur ulang yang akan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.
Dengan adanya pengelolaan sampah yang terpadu tersebut diharapkan dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Umum Dewan Dakwah Indonesia, Drs. H. M. Sidik beserta staf Pusdiklat Dewan Dakwah Tambun.

Ed : Muttaqin