Tim Pengurus LAZIS yang dikomandoi Ade Salamun, bersilaturahim kepada Ahmad Sumargono dalam rangkaian Rapat Kerja (Raker) LAZIS yang berlangsung pada 28-30 Desember 2011. Bang Gogon, sapaan akrab Sumargono, adalah Tim Pengawas LAZIS bersama H Nazief.

 

 

 

Dalam paparannya kepada Dewan Pembina, Pengurus Pusat, dan Komisi Pengawas Dewan Da’wah pada sesi Raker terpisah, Direktur Eksekutif LAZIS Ade Salamun mengungkapkan capaian dan evaluasi tahun 2011 serta rencana kerja tahun 2012 beserta targetnya.

 

 

 

Ade Salamun mengungkapkan, sepanjang tahun 2011 dengan kekuatan SDM hanya 5 personil, LAZIS Dewan Da’wah mampu menghimpun dana ZIS sebesar 77% dari yang ditagetkanPerolehan ini meningkat sekitar 30% dari tahun sebelumnya. ‘’Tahun 2012, kami ber-azzam meningkatkan penghimpunan ZIS hingga 100% dari perolehan tahun ini,’’ tekad Ade.

 

 

 

Ade juga mengemukakan, LAZIS Dewan Da’wah hanya menggunakan 6% dari hak amil yang dimungkinkan sampai 12,5% dari total penghimpunan zakat. Dan sampai penghujung 2011, zakat yang terhimpun sudah hampir semuanya didistribusikan kepada asnaf zakat.

 

 

 

Sebelumnya, KH Prof Didin Hafidhuddin dalam Sosialisasi UU Zakat no 23/2011 di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Rabu (28/12), mengkritik LAZ yang di akhir tahun memiliki saldo besar-besar. Menurutnya, fenomena saldo jumbo itu tidak sepantasnya lantaran masih banyak kaum dhuafa yang membutuhkan.

 

 

 

‘’Saldo zakat yang besar juga menunjukkan bahwa amil zakat kurang kreatif dalam membuat dan merealisasikan program pendayagunaan,’’ tandas Kyai Didin yang juga salah satu Pembina Dewan Da’wah.

 

 

 

Pembina, Pengawas, dan Pengurus Dewan Da’wah, mengapresiasi prestasi LAZIS. ‘’Untuk ukuran LAZIS, prestasi yang sudah diraihnya luar biasa,’’ ucap HM Cholil Badhawi, anggota Dewan Pembina. Hal senada disyukuri Ketua Umum Dewan Da’wah, Ustadz Syuhada Bahri.

 

 

 

Lembaga Amil Zakat Nasional Dewan Da’wah adalah badan otonom di bawah Yayasan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia. Lembaga ini, dirintis Mohammad Siddik, pengurus Dewan Da’wah yang pernah menjadi Direktur IDB dan Vice President RISEAP. Siddik menjabat sebagai Direktur Eksekutif LAZIS pada periode pertama (20022009).

 

 

 

‘’LAZIS berkhidmat bagi pengembangan da’wah Islamiyah, pemberdayaan masyarakat binaan, penanganan korban bencana alam dan bantuan kemanusiaan, melalui penggalangan dan pengelolaan dana lokal bersumber dari zakat, infaq, shadaqah, dan donasi sosial individu/perusahaan serta kerjasama internasional,’’ papar Ade Salamun.

 

 

 

Dalam perkembangannya, LAZIS merupakan salah satu diantara 18 Lembaga Amil Zakat Nasional, yang dikukuhkan dengan SMenteri Agama RI No. 407/17 September  2002.

 

 

 

Di kancah nasional, LAZIS menjadi anggota Forum Zakat Nasional (FOZ). Sedang di pergerakan internasional, menjadi  anggota The Union of NGO’s of  the Islamic World (UNIW) dengan Surat Sekretaris Jenderal UNIW  No. 126  tahun 2009.

 

 

Untuk informasi dan berinvestasi akhirat dalam program-program LAZIS, silakan mampir ke Gedung Menara Da’wah Lantai Jl Kramat Raya 45 JakartaTelp (021) 31901233; Fax (021) 3903291. Atau silakan kontak 08128109391. (nurbowo)