Laznas Dewan Dakwah memberangkatkan tiga orang relawan untuk membantu dan mengirim bantuan dari umat Islam Indonesia untuk pengungsi Muslim Rohingya. Tiga relawan Laznas Dewan Dakwah yang berangkat diantaranya adalah Nurbowo, Tjahja Gunawan Diredja dan Ustadz Fathur Rahman.

Pelepasan tim ketiga misi kemanusiaan bantuan Rohingya ke perbatasan Myanmar dan Bangladesh oleh Wakil Ketua Umum DDII KH Abdul Wahd Alwi, MA., itu dilakukan di Masjid Al Furqan, Menara Dakwah, Jl Kramat Raya 45, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2017).

Tjahja Gunawan, salah satu relawan meminta restu dan doa dari seluruh umat Islam di Indonesia untuk mendoakan kelancaran dan kesuksesan bantuan kemanusian umat Islam di Indonesia untuk muslim Rohingya.

“Bantuan ini adalah misi ketiga yang dilakukan oleh tim Laznas Dewan Dakwah. Semoga perjalanan kami bisa lancar, aman dan diridhai Allah Swt. Sekali lagi kami mohon doa restunya dari seluruh umat Islam di Indonesia,” ujar Tjahja.

Tepat pukul 12.05 WIB setelah Shalat Zuhur di Masjid Al Furqan, ketiga tim misi bantuan Rohingya dilepas langsung oleh pengurus Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia dan jamaah Masjid Al Furqan.

Selanjutnya, pada Rabu (18/10/2017) pukul 11.00 WIB tim Laznas Dewan Dakwah akan berangkat ke perbatasan Rohingya dan Bangladesh melalui terminal 2 D Bandara Soekarno Hatta. Keberangkatan tim nantinya akan dilepas dari rekan-rekan dari Forum Jurnalis Muslim (Forjim) dan Laznas Dewan Dakwah.

Tragedi Rohingya membuat dunia marah dan mengecam negara Myanmar. Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan telah terjadi pembersihan sepertiga umat Muslim Rohingya.

Hampir lima ratus ribu orang Rohingya melarikan diri ke Bangladesh sejak terjadinya kekerasan dan pembakaran pemukiman di wilayah Rakhine.