Laznas Dewan Dakwah kirim Duta Konvoi ke Suriah

Conscience Convoy (konvoi hati nurani) diinisiasi SNH (Solidarity Network for Humanright) Advocacy Center guna menyampaikan kepada dunia internasional tentang suara perempuan yang ditahan dan disiksa di Suriah. Direktur Eksekutif SNH Advocacy Center Sylviana Abdul Hamid menuturkan, tujuan diselenggarakannya konvoi kemanusiaan untuk memperingati Hari Perempuan se-dunia yang jatuh setiap tanggal 8 Maret.

“Tujuan konvoi hati nurani ini agar menarik perhatian dunia atas penderitaan perempuan-perempuan yang disiksa, diperkosa, dipenjara, dan menjadi pengungsi sejak awal dimulainya perang Suriah,” kata Sylvi, Jumat (2/3).

Selain itu, pihaknya mengajak seluruh umat manusia mengambil langkah efektif dalam rangka melindungi para perempuan selama konflik dan peperangan.

“Kami juga memulai usaha membebaskan seluruh perempuan yang ditahan di penjara secara tidak sah di Suriah,” tegas Sylvi yang pernah mengikuti International Jurist Union di Turki.

Kendati suasana Turki sedang tidak kondusif, Sylvi dan kawan-kawan optimis tidak akan mendapatkan perlakuan semena-mena dari aparat kemananan disana. Menurutnya, upaya yang dilakukan adalah sah dan tidak melanggar Undang-Undang serta menyampaikan asipirasi di wilayah yang jauh dari konflik.

“Insya Allah tidak akan terjadi penangkapan, kami konvoi hanya sampai di perbatasan yang masih wilayah Turki, disana masih aman,” ungkapnya.

Ia menjelaskan peserta konvoi kemanusiaan adalah para perempuan dari berbagai latar belakang dan profesi, seperti pengacara, akademisi, jurnalis, ibu rumah tangga, bussiness woman, atlet, artis, perwakilan LSM, aktivis, pegiat sosial, guru, dokter, dan politisi.

Dengan dukungan Laznas Dewan Dakwah, Sylvi sudah bertolak ke Istanbul pad Sabtu (3/3) yang lalu. Mari terus dukung dan pedulikan saudara-saudara kita di Suriah.