Mewujudkan Harapan Muallaf Sekitar Lereng Merapi

Dewan Da’wah News, Magelang – Ustadz Abdul Rosyid, S.Kom.I adalah dai asal Sumatera Barat yang diutus Dewan Da’wah ke daerah lereng gunung merapi dan gunung Merbabu di Magelang sejak tahun 2011. Adapun ilmu dan antusiasme dakwahnya ia dapat dari Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir Jakarta.

Saat ini Ust. Rosyid memilih tinggal di lereng gunung merapi dan gunung Merbabu. Untuk memaksimalkan dakwahnya Ust. Rosyid menikahi gadis desa dan saat ini sudah memiliki 3 anak.

Menurut pemaparan Ust. Rosyid, lereng gunung merapi dan lereng gunung Merbabu adalah daerah rawan pemurtadan dan aliran sesat.

“Karena hal tersebut (pemurtadan dan aliran sesat), saya memutuskan untuk tinggal di sini. Sebab lainnya adalah karena minimya pembinaan, kenapa bisa minim pembinaan? Sebab para muballigh dan tokoh agama juga masih minim,” jelas Ust. Rosyid.

Di antara program dakwah Ust. Rosyid adalah penyaluran bantuan untuk muallaf di daerah minoritas muslim dan baru-baru ini bantuan tersebut disebar di daerah Candimulyo, Magelang yang lokasinya tak jauh dari lereng gunung. Bantuan tersebut berupa uang tunai dan perabotan masak.

“Alhamdulillah pada hari Kamis (25/7) kami telah menyalurkan bantuan kepada muallaf binaan kita yang tersandung masalah ekonomi. Mereka punya kemauan untuk bekerja, tapi terbentur masalah modal dan perlengkapan usaha. Maka kami memberikan sesuatu untuk memenuhi harapan mereka, harapannya agar bisa mandiri dan dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari,” kata Ust. Rosyid saat dikonfirmasi, Ahad (28/7/2019).

Saat para muallaf menerima bantuan tersebut seketika perasaan bahagia terpancar dari wajah mereka. Di antaranya Ibu Masita dan Ibu Sri.

“Alhamdulillah saking senangnya, Ibu Masita dan Ibu Sri menangis. Kalo Ibu Masita ini ingin jualan minuman dingin dan jus jadi butuh kulkas dan blender sedangkan Ibu Sri ini ingin usaha jualan kue jadi butuh oven dan mixer. Alhamdulillah kita bisa mewujudkannya. Selain bantuan peralatan, kami bantu juga dengan sejumlah uang untuk modal awal,” ujar Ust. Rosyid.

“Dengan izin Allah kami bisa mewujudkan harapan mereka. Mereka sangat senang dan tak henti-hentinya menangis sambil terus mendoakan semua pihak yang membantu. Mudah-mudahan usaha mereka lancar dan dapat menghidupi keluarganya,” tambahnya.

Ust. Rosyid mewakili para muallaf mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah sukarela menginfakkan hartanya di jalan Allah. Ust. Rosyid menambahkan, sarana kebahagiaan adalah membahagiakan orang lain.

“Satu hal yang membuat kita bahagia, ketika kita bisa membahagiakan orang lain. Mudah-mudahan mereka yang telah mendapat bantuan ini bisa kuat dan istiqamah dalam keislamanya sampai akhir hayat. Kami ucapkan terimakasih, jazakumullah khairal jaza’ kepada semua pihak yang ikut membantu warga binaan kami terutama para muallaf ini, semoga anda semua dalam keadaan sehat dan panjang umur serta keberkahan hidup,” pungkas Ust. Rosyid.

Bagi pembaca yang ingin menginfakkan harta di jalan dakwah dapat menghubungi LAZNAS DEWAN DA’WAH di Kantor Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Jl. Kramat Raya, No. 45, Jakarta atau kunjungi situs resminya di: https://www.laznasdewandakwah.or.id.

Ket. Foto: Ust. Abdul Rosyid menyerahkan bantuan kepada salah satu muallaf

(Tamam / Dewan Da’wah News)