Nama Muhammad menjadi nama paling populer untuk anak-anak di Inggris dan Wales. Meski tidak menduduki tempat pertama dalam daftar resmi karena banyaknya ejaan, jika disatukan maka jumlah nama sejenis bisa menduduki peringkat atas. Menurut laporan Mail Online, Kantor Statistik Nasional mencantumkan sebanyak 7,361 bayi yang lahir tahun lalu bernama Muhammad, Mohammed, Muhammed, Mohammad atau Mohamed.

Jika semua itu dipertimbangkan, nama tersebut akan ditempatkan dalam bagan pertama sebagai pilihan nama anak lelaki. Namun, nama Oliver terdaftar di tempat pertama paling populer di kalangan bayi lelaki dengan jumlah 6,941 sedangkan nama bayi perempuan yang paling digemari adalah Amelia, Olivia dan Emily.

Top-10-Names-for-Boys-ONS-(combined

Muhammad berada di peringkat 12, kemudian Mohammed pada urutan 29, Mohammad (68) serta Muhammed (121).  Jika dijumlahkan, maka totalnya mencapai 7.570 kali, mengalahkan Oliver 6.941 di dalam sertifikat kelahiran.

Secara resmi ada 14 ejaan Muhammad dan keragaman ejaan tergantung pada latar belakang keluarga baik dari negara yang menggunakan bahasa Arab dan perbedaan sebutan.

Namun yang paling populer dalam daftar itu adalah ‘Muhammad’ yang menduduki peringkat ke-12 dengan sejumlah 3,730 bayi lelaki bernama dengan nama bersangkutan.

Ini merupakan kali pertama nama Muhammad terdaftar di tempat pertama di kedua wilayah itu dan merebut posisi Oliver sebagai nama paling populer di West Midlands pada 2014. Ada juga nama-nama aneh yang diambil dari karakter-karakter film Lord of The Rings dan Game of Thrones sedangkan 15 bayi lelaki bernama Corbyn sempena nama pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn.

Nama-nama keluarga kerajaan seperti George, Harry dan William turut tercantum dalam 10 nama anak lelaki populer sedangkan nama anak perempuan, Charlotte kurang populer dan menempati peringkat ke-25 meskipun warga Inggris menyayangi Putri Charlotte yang merupakan anak kedua pasangan kerajaan William dan Catherine Middleton.

Richard Coates, profesor linguistik di Universitas West of England mengatakan, meski Mohamed mengacu pada sosok dan arti yang sama, namun bisa mengekspresikan perbedaan asal.

“Muxamed dari Somalia dan Mohammed dari Mesir meungkin setuju satu nama Somali dan satunya lagi bukan,” ujarnya. Selain itu proses penerjemahaan juga penting, Seperti Amin Inggris dan Amine dari Francis.

Selama beberapa tahun ini nama ‘Muhammad’ berada di posisi atas mengalahkan nama-nama lain. Sebelum ini, situs BabyCentre menyebutkan nama Muhammad bertahan sebagai nama bayi lelaki paling populer di Inggris sepanjang 2015. Nama-nama Islam, seperti Omar, Ali, dan Ibrahim untuk lelaki, serta Maryam dan Nur untuk perempuan juga masuk dalam daftar 100 nama paling banyak dipilih oleh para orang tua di Ingris.

Badan Statistik Nasional Inggris (ONS) ONS mencatat Mohamed mulai masuk peringkat 100 pada 1924. Sejak saat itu, popularitas namanya terus naik.

Rep : Ama Farah,  Ed : Muttaqin