MUI: Golput Hukumnya Haram

Dewan Da’wah News, Jakarta – Golongan Putih atau golput merupakan orang-orang yang tidak menetukan pilihannya dalam pemilihan pemimpin. Kelompok ini menurut Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat KH Cholil Nafis bukan dari bagian Umat Muhammad sehingga hukumnya haram golput.

“Tidak boleh Indonesia ini tidak ada pemimpin. Kalau tidak memilih, berarti dia tidak terlibat untuk urusan orang mukmin. Orang yang tidak peduli urusan orang mukmin itu bukan umat Nabi Muhammad. Maka kita katakan haram kalau orang golput,” kata Cholil, Selasa (26/3/2019) seperti dilansir detik.com.

Di samping itu, memilih pemimpin dalam Islam tidak sembarangan sebab kata Cholil calon pemimpin ideal itu memiliki empat syarat

Pertama Siddiq (jujur), kedua Amanah (terpercaya), ketiga Tabligh (aspiratif dan komunikatif), dan Fatonah (cerdas atau memiliki kemampuan). Selain keempat syarat itu pimpinan juga harus beriman dan bertakwa.

“Kan mereka (masyarakat) bisa melihat siapa 01, 02, kualitasnya semua ada. Tinggal pilih saja mana yang (terbaik). Saya kira dari 01 dan 02 empat persyaratan itu meskipun tingkatannya beda-beda tapi pasti ada,” ungkapnya.[]

foto: MI