Ketua Umum Dewan Da’wah Ustadz Syuhada Bahri dalam tausiah pembukaan acaranya mengatakan bahwa apa yang dilakukan Muslimat Dewan Da’wah ini merupakan sesuatu yang sangat baik dan bermanfaat untuk menimgkatkan kemampuan manajemen dan pengelolaan organisasi Muslimat.

 

 

 

“Acara ini sekaligus juga dapat meningkatkan silaturrahim diantara stakeholder yang terlibat dalam kepengurusan Muslimat, sehinga dapat terjalin komunikasi yang baik, karena komunikasi yang baik merupakan modal untuk meningkatkatkan kualitas suatu organisasi”, ujar Syuhada

 

 

 

Syuhada juga mengatakan bahwa kondisi moral masyarakat saat ini dalam kondisi mengkhawatirkan. ”Degradasi nilai moral yang terjadi ini salah satunya diakibatkan maraknya tayangan, baik di media cetak, elektronik maupun online yang menyajikan sesuatu yang sangat jauh dari nilai-nilai agama, khususnya Islam”, Ustadz Syuhada menambahkan.

 

 

 

Untuk itu, tambah Syuhada, diperlukan kerja keras dari semua unsur da’wah, termasuk Muslimat, untuk melindungi masyarakat, utamanya kaum muda generasi penerus, dari berbagai pengaruh buruk tersebut. Untuk itulah salah satunya diperlukan sebuah organisasi da’wah yang mumpuni, baik dari sisi manajemen maupun pendanaan, karena jika dua unsur ini terpenuhi, maka program-program da’wah, sebagai gerakan penyelamat ummat dimasyarakat akan dapat berjalan dengan baik.

 

 

 

“Dan yang paling penting dari semua itu, harus ada rasa keikhlasan yang tinggi semata-mata untuk menegakkan ajaran Allah dalam menjalankan da’wah, karena jika tidak memiliki keikhlasan, maka Allah tidak akan meridhoi”, ujar Ketua Umum Dewan Da’wah ini.

 

 

 

Kepada Pegurus Muslimat, Ustadz Syuhada mengharapkan agar pelatihan seperti ini dapat dimanfatkan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola dan menjalankan Muslimat Dewan Da’wah, sehingga mampu melahirkan program-program da’wah yang baik dan benar, khususnya untuk kaum perempuan.

 

 

 

Dalam kesempatan ini Syuhada juga berpesan agar Pengurus Muslimat dapat meningkatkan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu media untuk meningkatkan dan memasyarakatkan da’wah, karena di era ini, teknologi informasi memiliki peranan penting untuk membentuk karakter masyarakat

 

 

 

 

 

Ketua Muslimat Dewan Da’wah Ibu Andi Nurul Djannah kepada dewandakwah.com mengatakan bahwa pelatihan ini diadakan sebagai bekal bagi pengurus dan aktifis da’wah Muslimat Dewan Da’wah dalam menjalankan aktifitas Muslimat Dewan Da’wah ditengah masyarakat

 

 

 

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pengurus dan aktifis Muslimat Dewan Da’wah dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam mengelola organisasi Muslimat serta meningkatkan kemampuan leadership untuk pengembangan program sesuai dengan kondisi lingkungan masyarakat yang ada”, tambah ibu Andi, sapaan akrabnya.

 

 

 

Tampil sebagai pemberi materi dalam acara pelatihan sehari ini antara lain Ketua Dewan Da’wah Ustadz Misbach Malim yang menyampaikan materi tentang sejarah, visi, misi serta program Dewan Da’wah. Selain itu disampaikan juga materi tentang pengantar manajemen organisasi dan kepemimpinan oleh Dr. Saifuddin Bachrun, Ketua Pengawas Dewan Da’wah yang sekaligus pakar dalam ilmu manajemen dan Wakil Sekretaris Umum Dewan Da’wah Ustadz Avid Solihin yang menyampaikan materi tentang Evaluasi kinerja suatu organisasi. (rusdi)