Musywil dan Pergantian Pengurus Dewan Da’wah Riau 2019

Riau, Dewan Da’wah News – Musyawarah Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Wilayah Provinsi 2019 diselenggarakan pada Sabtu (23/2/2019). Acara tersebut dilaksanakan di Aula Umar Bin Khattab Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsi) di Pekanbaru. Tuan rumah yang hadir pada waktu itu di antaranya Dewan Syuro DDII Riau 14 orang dan 1 peninjau, Ust. H. Amlir Syaifa Yasin, MA. (Waketum DDII Pusat), serta tamu undangan dari Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI), Universitas Islam Riau (UIR), Yayasan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina (YARSI) Pekanbaru, Yayasan Kesejahteraan Wanita Islam (YKWI ), Diniyah Puteri Pekanbaru, Ponpes Al-Muslimun dan Idarah Kesejahteraan Masjid Indonesia (IKMI).

Di acara tersebut ada momen haru sebab hari itu merupakan berakhirnya masa Buya Drs. H. Mukni sebagai Ketua Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi Riau yang berjalan selama 3 preode atau 15 Tahun. Selama masa abdinya itu Mukni mengalami suka duka da’wah dan waktu menjadi pengurus Dewan Da’wah Riau.

“Awalnya, saya merasa belum siap menjadi ketua sebab masih banyak kader-kader Dewan Da’wah yang mumpuni, namun dalam Rapat Pleno Dewan Syuro DDII Riau saat itu memilih dan menunjuk saya, maka waktu itu pun secara hati nurani saya sudah cukup (siap). Sekarang periode saya selesai, sudah saatnya saya serahkan kepada yang lain,” kata Mukni dalam sambutannya.

Ditemui di ruangan Wakil Ketua Umum Dewan Da’wah, Amlir menjelaskan bahwa Musywil dan perubahan pengurus Dewan Da’wah daerah merupakan progres Rakornas Dewan Da’wah 2019 yang diadakan awal Februari lalu dan dihadiri oleh seluruh perwakilan Dewan Da’wah Provinsi. Keputusan ini diambil agar regenerasi kader da’wah terus berjalan dan terbarui sesuai zaman, khususnya zaman sekarang yang semuanya dikaitkan dengan politik sehingga Dewan Da’wah perlu berbenah diri.

“Dalam situasi politik Indonesia sekarang hendaknya Dewan Da’wah membenahi diri secara komprehensif secara menyeluruh yaitu benahi struktural, benahi manajerial, benahi strategi dakwah dan benahi taktik dakwah, upaya untuk meningkatkan operasi dakwah di daerah-daerah dan wilayah pedalaman, untuk membentengi aqidah umat yang rawan akan penyesatan,” pungkas Amlir.

Penguru Dewan Da’wah Provinsi Riau periode 2019-2024:

Ketua umum: H.Rustam Effendi, MA.

Wakil Ketua: Drs. Muchsin zahari

Wakil Ketua Umum: Dr. H. Saidul Amin.MA

Wakil Ketua Umum: H. Zahirman zabir. SH. MH

Sekretaris Umum: Drs. Taslim Prawira. MA

Wakil Sekertaris Umum: Dr. H. Raqib Jamaah SH. Mag

Wakil Sekertaris Umum: Dr. Amrul Muzan. MA.

Bendahara umum: H. Syukri.

Ketua Dewan Syuro: Drs. H. Mukni

Sekretaris Dewan Syuro: Dr. H. Husnu Abadi. SH. Mhum.

Editor: tamam

Reporter: taslim