Organisasi kemanusiaan diminta untuk bersatu dalam menghadapi berbagai krisis yang menim-bulkan perpecahan dan perbedaan pendapat di kalangan umat akhir-akhir ini.

Hal itu disampaikan dalam diskusi Internasional atas kerjasama organisasi Indonesia Lembaga Amil Zakat Infak Sadaqah Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia  dengan Organisasi Malaysia Majlis Perundingan Pertubuhan Islam Malaysia (MAPIM) yang berlangsung di Gedung Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Jakarta, Rabu (18/2).

“Islam harus bersatu dalam menghadapi krisis, kita banyak mengalami krisis karena saling berbeda pendapat dalam berbagai hal. Dengan tidak bersatu kita tidak dihormati di ranah Internasional,” kata Presiden MAPIM, Mohd Azmi Abdul Hamid.

Azmi menjelaskan fungsi organisasi kemanusiaan yang dalam hal ini tidak hanya membantu secara fisik saja, namun juga mengupayakan penyamaan visi dan misi dalam menolong masyarakat tertindas.

“Kita melihat apa yang terjadi di Palestina, Suriah, Rohingnya dan negara lainnya yang masih begitu- begitu saja,” ujar Azmi dalam diskusi di kantor Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia .

Azmi mencontohkan, Krisis yang terjadi di Palestina merupakan dampak tidak berakhirnya persatuan masyarakat dunia dalam hal ini.

Diskusi ini dihadiri berbagai organisasi kema-nusiaan diantaranya Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina (KNRP), Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) dan termasuk tamu Internasional Perwakilan Hamas untuk Malaysia. (Mirajnews)