Pelantikan Dewan Da’wah Provinsi Yogyakarta 2019-2024

Dewan Da’wah News, Yogyakarta – Ketua Umum Dewan Da’wah Drs. Mohammad Siddik bersama Amlir Syaifa sebagai Wakil ketua umum bidang organisasi dan kerjasama dalam negeri dan Wakil Sekertaris Umum Taufik Hidayat S.Sos, M.A. menghadiri dan meresmikan pelantikan pengurus baru Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi D.I. Yogyakarta untuk periode kepengurusan 2019-2024 di Aula Gedung DPD RI Perwakilan Jogjakarta, Jl. Kusumanegara No. 33, Yogyakarta pada Ahad (17/3/2019).

Ketua Umum Dewan Da’wah Yogyakarta sekarang adalah salah satu anggota ketua DPD Yogyakarta juga yaitu Bapak. Ir. H. M. Cholid Mahmud. Pelantikan pengurus baru ini merupakan amanat organisasi setelah berpulang nya ketua Dewan Da’wah Yogyakarta yang lama yaitu KH. Sunardi. 

Kemudian Ketua Majelis Syuro DDII Yogyakarta adalah Prof. Dr. H. Ahmad Mursyidi, Apt. Anggotanya terdiri dari Prof. Yunahar Ilyas, Dr. Harsoyo, Drs. RMA Hanafi, Dr. Tulus Mustofa. Sedangkan pada struktur pengurus harian dilantik sebagai ketua Ir. H. Cholid Mahmud, M.T  dan wakil ketua Drs. H. Ery Masrury. Sekretaris Iding Islahuddin, S.Ag didampingi dua orang wakil. Dan sebagai bendahara H. Ahmad Fuad, SE.

Kemudian di bawah struktur pengurus harian terdapat 8 biro yang masing-masing memiliki job deskripsi sendiri, yaitu : biro Pengembangan Dakwah dan Diklat diketuai Zidni Imawan Muslimin, S.Psi, M.Si., biro Dakwah Pedesaan dan Dakwah Khusus diketuai Drs. H. Nurhidayat Pamungkas, MM, biro Pendidikan diketuai Drs. H. Ahmad Agus Sofwan, M.Pd.i, biro Kepesantrenan diketuai Makruf Amari, Lc. M.Si, biro Pelayanan Ummat diketuai dr. H. Nurhidayat Nugroho, Sp. Rad., biro Pengembangan dan Pemeliharaan Fisik diketuai Ir. H. Suranto, M.T., biro Kepemudaan diketuai oleh Zulfikar Ali Ahmad, ST, dan biro Kewanitaan diketuai oleh Hj. Siti Murdiyah. Masing-masing ketua biro dibantu beberapa orang anggota.

Pada acara hari ini di samping mengagendakan pelantikan pengurus baru turut dibicarakan juga tentang agenda konsolidasi internal. Nantinya akan menghadirkan pengurus DDII perwakilan kota dan kabupaten se DIY. Melalui pelaksanaan agenda ini diharapkan kesatuan langkah dalam mewujudkan cita-cita dakwah di lingkungan D.I. Yogyakarta bisa tetap terjaga dan mendorong agar tetap semangat dalam merealisasikan tujuan dan target kegiatan dakwah yang telah direncanakan.

Acara dimulai pukul 09.30 dengan diawali lagu Indonesia Raya. Pihak Gubernur Yogyakarta yang diwakili oleh asisten nya menyampaikan permohonan maaf Gubernur Yogyakarta yang belum bisa datang dan menyampaikan salam dari Gubernur dan mendukung penuh program program dakwah yang dijalankan oleh Dewan Da’wah Yogyakarta nantinya kedepan. 

Dalam sambutan ketua umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Bapak Mohammad Siddik menyampaikan pentingnya Dewan Da’wah Yogyakarta untuk senantiasa bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mensukseskan da’wah.

“Kita harus terus merekat dengan berbagai komponen dakwah yang ada, barusan tadi pagi saya ke Mesjid Jogokariyan dan menginginkan adanya kerjasama dengan Dewan Da’wah Yogyakarta” ujar Siddik. 

Ketua Dewan Da’wah Yogyakarta yang baru terpilih yaitu ustad Kholid Mahmud yang juga sekaligus anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) juga menekankan pentingnya bekerjasama dengan semua pihak.

“Da’wah itu bukan milik dewan Da’wah saja, tetapi semua kita yang mengaku muslim harus ikut berdakwah” Ujar Kholid.

Pada kesempatan kali ini, Ustad Amlir Syaifa sebagai Wakil ketua umum bidang organisasi dan kerjasama dalam negeri memberikan orientasi tentang sejarah dan posisi Dewan Da’wah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara “Kita adalah organisasi yang didirikan oleh para fungsionaris partai Masyumi yang menginginkan Syariat Islam tegak di Indonesia, sehingga dulu bapak bapak kita berdakwah melalui jalur politik, sekarang kita berpolitik melalui jalur dakwah” urai ustad Amlir Syaifa Yasin.

Reporter: Taufik Hidayat, Iding Islahuddin

Ediotr: Tamam