Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia kembali kehilangan salah satu tokohnya. Rabu, 19 Juni 2013, Wakil Ketua Pembina Dewan Da’wah Ir. AM. Luthfi menghembuskan nafasnya yang terakhir di RS. MMC Kuningan Jakarta pada pukul 03.00 dinihari akibat sakit. Setelah dishalatkan di Masjid Al Azhar Jakarta almarhum dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta.  Almarhum wafat dalam usia 78 tahun.

 

Ahmad Mas’oed Luthfi, nama lengkap almarhum, lahir di Bangka 8 Oktober 1935, semasa hidup dikenal sebagai tokoh politik,  beliau pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Reformasi DPR RI periode 1999 hingga 2004. Beliau juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang membidani lahirnya Partai Amanat Nasional.

 

Selain sebagai tokoh politik, almarhum juga dikenal sebagai salah satu ahli dalam bidang struktur dan konstruksi, khususnya pembangunan dengan menggunakan konstruksi beton. Salah satu hasil karya beliau adalah berdirinya jembatan Semanggi di kawasan Jakarta. Beliau mendapatkan gelar Sarjana Tehnik Sipil dari Institut Teknologi Bandung.

 

Dalam bidang da’wah, almarhum selain dikenal sebagai salah seorang Pembina di Dewan Da’wah juga aktif di Yayasan Pesantren Islam Al Azhar serta menjadi salah satu tokoh di Ikatan Cendekian Muslim Indonesia (ICMI). (red)