Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat (penentuan) awal bulan puasa Ramadhan 1438 H, Jumat petang ini (26/05/2017) di Auditorium HM Rasjidi, gedung Kemenag RI, Jl MH Thamrin No 6, Jakarta.

Proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal. Kemudian dilanjutkan dengan laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

“Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1438 H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1438 H,” jelas Plt Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin lansir laman resmi Kemenag.

Sidang itsbat nanti akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kemenag, dan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag, serta Perwakilan dari Anggota Majlis Fatwa dan Kajian Dewan Dakwah.

Ed : Muttaqin | hidayatullah.com

*Ilustrasi source SindoNewsToday