Prihatin Maraknya Pemurtadan dan Aliran Sesat, Dewan Dakwah Bogor Berkunjung ke Kantor Pusat

Jakarta – dewandakwah.or.id, Maraknya gerakan pemurtadan dan aliran sesat di beberapa wilayah kabupaten Bogor membuat prihatin sejumlah pengurus Dewan Dakwah Kabupaten Bogor. Hal ini disampaikan di hadapan para pengurus pusat Dewan Dakwah Pusat di sela-sela kunjungan silaturahim pada Selasa, (27/3), di kantor pusat Dewan Dakwah, Jakarta.

Ketua Dewan Dakwah Kab. Bogor, Ustadz Ahmadi Yusman menjelaskan bahwa aliran sesat sudah merajalela di beberapa tempat salah satunya kelompok Inkar Sunnah. Yaitu, mereka yang secara jelas menolak mentah-mentah hadits Rasulullah saw. Selain itu, aliran ini tidak mengakui dua kalimat Syahadat. Aliran ini muncul pada tahun 1980-an di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tokoh Aliran ini adalah Irham Sutarto. Kelompok Inkar Sunnah di Indonesia ini difatwakan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) sebagai aliran yang sesat lagi menyesatkan, kemudian dilarang secara resmi dengan Surat Keputusan Jaksa Agung No. Kep-169/ J.A./ 1983 tertanggal 30 September 1983 yang berisi larangan terhadap aliran inkar sunnah di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Untuk itulah, Dewan Dakwah Kab. Bogor bekerjasama dengan ormas yang lain yang terkumpul dalam Forum Silaturahmi Ormas Islam (FSOI) yang beranggotakan 14 ormas Islam di Bogor.  Beberapa waktu yang lalu telah digelar Training of Trainer (ToT) mengidentifikasi aliran sesat yang bersinergi dengan mahasiswa Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Pelatihan Khutbah Jum’at  bersama Pesantren Darul Muttaqin dan pembinaan ke jama’ah secara langsung.

Ustadz Ahmadi menambahkan, “Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang luas, penduduknya berjumlah 5 juta jiwa yang menempati 40 kecamatan, 436 desa untuk itu kami memohon sumbangan saran dari pusat untuk mengantisipasi hal tersebut”, jelasnya.

Ibarat gayung bersambut, saat ini di Dewan Dakwah Pusat sedang merancang Aqidah Crisis Center yaitu sebuah lembaga otonom yang bergerak khusus menangani pemurtadan dan pergerakan aliran sesat di Indonesia. Rencananya, awal bulan Mei 2018 akan segera dilaunching program tersebut.

Turut hadir menerima kunjungan Dewan Dakwah Kab. Bogor, Drs. Mohammad Siddik, MA selaku Ketua Umum Dewan Dakwah, Drs. Avid Solihin, MM Sekretaris Umum, Amlir Syaifa Yasin, Lc, MA Wakil Ketua Umum, Taufik HIdayat, MA Wasekum, dan Ustadz Abbas Aula, Lc mewakili Bidang Wakaf. Sementara Ustadz Ahmadi juga mengajak beberapa pengurus diantaranya Dr. Awang Darmawan selaku Sekretaris Dewan Dakwah Kab. Bogor, Ustadz Ahmad Suja’i, dan Ustadz Maman dari Pesantren Darul Falah Bogor yang termasuk dalam kepengurusan Dewan Dakwah Kab. Bogor yang saat ini berjumlah 34 orang.

Humas Dewan Dakwah