Putra Mahkota Arab Saudi Dukung Kamp Muslim Uighur

Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman mendukung penggunaan kamp pendidikan ulang untuk populasi muslim di Cina. dilansir NewsWeek (22/2/2019).

“Kami menghormati dan mendukung hak China untuk mengambil tindakan kontra-terorisme dan de-ekstremisme untuk menjaga keamanan nasional. Kami siap untuk memperkuat kerja sama dengan China,” kata putra mahkota.

Dukungan tersebut disampaikan Bin Salman saat berkunjung ke Cina di sela-sela kontrak kesepakatan 10 miliar dolar AS dengan Presiden Xi Jinping untuk komplek penyulingan dan petrokimia.

Menurut pejabat AS dan ahli PBB, kondisi terkini di Xinjiang tempat minoritas muslim Uighur tinggal oleh otoritas setempat terdapat satu juta orang ditahan dalam jaringan kamp pendidikan ulang politik.

Uighur adalah kelompok muslim yang berasal dari etnis Turki dan tinggal di Cina Barat dan sebagian Asia Tengah. Beijing menuduh minoritas di wilayah Xinjiang Barat itu mendukung terorisme sehingga harus diawasi dengan ketat.

Dengan dalih kontra-terorisme Pemerintah Tirai Bambu melaksanakan kebijakan-kebijakan yang merugikan muslim Uighur.

Dilansir The Epoch Times, kamp-kamp pendidikan tersebut nyatanya tidak hanya dijadikan sebagai pusat pendidikan bahkan berbagai penyiksaan hingga pemerkosaan dan pembunuhan turut dialami oleh muslim Uighur.

Hingga saat ini masyarakat Uighur masih menunggu bantuan dan dukungan dari umat muslim lainnya khususnya perhatian dari pemimpin-pemimpin muslim.

Editor: tamam

Gambar: CNBC