Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia melalui Universitas Islam Imam Muhammad Ibn Su’ud dalam waktu dekat akan membuka cabang baru LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab) di tiga daerah di Indonesia.

Raja Salman merestui dengan mengeluarkan persetujuan pembentukan tiga cabang lembaga pendidikan Universitas Imam Ibnu Su’ud tersebut di Indonesia. Pihak Universitas sudah mengambil semua prosedur dan syarat kerjasama pembentukan lembaga melalui kedutaan Saudi. Sesuai dengan perjanjian dengan Pemerintah Indonesia, pembangunan akan dimulai pada bulan Muharram mendatang.

Rektor Universitas Imam Ibnu Su’ud, Prof. Dr. Suleiman bin Abdullah Aba Al-Khail dalam keterangan resminya menyampaikan bahwa pembentukan 3 cabang lembaga ini semata-mata untuk memberikan kesempatan kepada pemuda muslim Indonesia untuk memperdalam ilmu-ilmu Islam dan bahasa Arab. Dengan dibukanya cabang baru LIPIA di tiga daerah di Indonesia, akan semakin banyak lagi kader-kader ulama Indonesia yang akan dihasilkan oleh LIPIA,” demikian dilansir dari Al-Jazirah, Rabu (24/8/2016)

Melalui Lembaga ini, papar Sulaiman, pihaknya mencoba untuk membantu muslim Indonesia sekaligus untuk mempererat hubungan melalui pemahaman Islam yang benar dan moderat yang berlandaskan kepada kitab suci Alquran dan sunnah. Kandungan Alquran dan sunnah berisi tentang kasih sayang, kedamaian yang dapat melepaskan kita semua dari berbagai perbedaan.

Ia merasa gembira, karena kehadiran lembaga tersebut mendapat sambutan yang sangat baik dari seluruh masyarakat dan pemerintah Indonesia. “Universitas Islam Imam Muhammad Ibn Saud berupaya untuk terus mengembangkan peran lembaga ini bisa lebih besar lagi, sehingga tidak hanya ilmu-ilmu Islam yang selama ini sudah diajarkan, tapi juga akan dikembangkan kepada manajemen, ekonomi dan kebudayaan.”

Sebagaimana diketahui, Universitas Islam Imam Muhammad bin Su’ud telah memiliki pengalaman panjang di empat dekade terakhir di bidang kerjasama ilmiah dan akademik di banyak negara. Sampai saat ini universitas ini memiliki 11 buah fakultas. Lima diantaranya berada di Riyadh sedangkan sisanya tersebar di beberapa wilayah Saudi Arabia. Universitas Imam Muhammad bin Saud pun memiliki cabang di luar negeri. Salah satu cabangnya itu berada di Indonesia, dengan nama Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) yang didirikan sejak tahun 1400 H (1980 M). Selain itu, ia juga mempunyai cabang di Amerika Serikat, Jepang, Djibouti, Ra’s al-Khaimah, dan Mauritania.

Rep: Muttaqin/muslimtoday.com