Kota Batam dan Tanjungpinang menjadi bagian dari Roadshow Nusantara Solidaritas Palestina, dengan tema “Selamatkan Masjidil Aqsho”  (Senin, 19/12/16).  Syekh Muhammad Al-Umari dan Syekh Ali Hamdan dari Palestina, Pimpinan lembaga Wakaf Al-Ummah untuk Solidaritas Al-Quds dan Masjidil Aqsho  disambut antusias masyarakat Kepri yang membudlak memenuhi masjid Al Furqon, Asrama Haji Tanjungpinang.

Roadshow ini disupport sepenuhnya oleh Lazis Dewan Dakwah Pusat, dan didukung oleh Dewan Dakwah Kepri serta Format (Forum Aliansi Umat)  yang merupakan aliansi dari berbagai ormas Islam  di Tanjungpinang.
Setibanya rombongan pada Ahad sore (18/12/16) dari Kota Batam -juga melakukan kegiatan solidaritas-, langsung dilanjutkan roadshow di berbagai tempat. “Dengan waktu yang terbatas, kami pusatkan acaranya di Masjid Baitul Mukminin Pinang Kencana 3, Masjid AlFurqon Asrama Haji Jl. Pemuda, dan Masjid Al-Uswah Batu 10, sebelumnya di Batam pun diadakan kegiatan serupa di berbagai masjid”, ujar Ust. Muhamad Zaini, M.Kom.I Ketua Bidang Dakwah, Dewan Dakwah Prov. Kepri yang sekaligus menjadi koordinator acara tersebut.

“Tujuan kami adalah mengokohkan ukhuwah Islamiyah, membangun kepedulian umat Islam dengan menyampaikan perkembangan aktual kondisi Palestina negeri kelahiran para Nabi dan Rasul serta Masjidil Aqsho kiblat pertama kaum muslimin yang semakin terancam punah oleh zionis Israel”, tegas Syekh Al-Umari.
Tidak hanya menggalang dana, dalam acara tersebut diputarkan juga video kedzaliman Yahudi Zionis Israel terhadap rakyat Palestina serta kebiadaban mereka terhadap terhadap kesucian dan keutuhan Masjidil Aqsho, yang sangat menyentuh hati dan mengharukan jamaah.

“Saudara kita Palestina di embargo, kekurangan sembako, rumah, masjid dan fasilitas umum hancur, bahkan di bawah Masjidil Aqsho terdapat 80 lebih terowongon dibuat Israel yang mengancam eksistensi bangunan masjid bersejarah dunia, bahkan muslimin yang shalat diintimidasi”, tegas Syekh Ali Hamdan memaparkan.
“Meskipun masyarakat Indonesia banyak yang berada dalam musibah seperti gempa Aceh dan berbagai kesusahan, kita harus tetap membangun kepedulian dan membantu saudara kita di Palestina dan Masjidil Aqsho, baik materi, moril maupun doa”, ujar Ust. Mastur Taher, M.Pd.I, Ketua Dewan Dakwah Kepri.

Senin pagi (19/12/16), rombongan diundang silaturahim ke Baznas Kepri yang disambut dengan suasana yang penuh hikmat dan saling berbagi cerita dan perjuangan. “Kita akan membangun kerjasama kelembagaan antara ormas Islam dan Pemerintah Indonesia dengan lembaga Wakaf Al-Ummah yang berpusat di Turki”, terang Syaikh Al-Umari

Bagi kaum muslimin yang ingin membantu saudara kita di Palestina, dapat menyalurkan infak sedekah terbaiknya melalui Lazis Dewan Dakwah, melalui No.Rek. 358 008 0008 Bank Muamalat a.n. Lazis Dewan Dakwah, atau berkunjung langsung ke Kantor Lazis di Gedung Menara Dakwah, Jl. Kramat Raya 45 Jakarta. Atau silaturahim ke Kantor Dewan Dakwah Kepri, Gedung Asrama Haji, Lantai 2, Jl. Pemuda, Kec. Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepri.

Rep : M. Zaini | Ed : Muttaqin