Kekurangan waktu dan minimnya biaya untuk mendaftar kuliah kerap kali menjadi alsan utama bagi rakyat Indonesia, khususnya Muslim, namun salah seorang pendidik kelahiran Jamaica, Dr. Bilal Philip menciptakan sebuah lembaga perguruan tinggi Islam yang 100% pembelajaran dilaksanakan di depan layar computer via internet (online), yaitu Islamic Online University (Universitas Islam Online).

Berdasarkan sejarah berdirinya, universitas ini didirikan oleh Dr. Bilal Philip yang hingga saat ini pula ia menduduki jabatan sebagai rektor.

Islamic Online University (IOU) berdiri atas ide Dr. Bilal Philip sendiri dari pengalamannya selama tujuh tahun mengajar Studi Islam di Universitas Amerika yang berlokasi di Dubai. Hasil pengajaran tersebut diperbarui dan dimodivikasi yang diambil dari Sekolah Tinggi Shariff Kabunsuan Tinggi di Cotabato City, Mindanao, Filipina, di awal tahun 90an silam.

Setiap perjuangan pasti memiliki hambatan, saat genap satu tahun berdiri IOU (2001) mengalami kesulitan yang menyebabkan nyaris penutupan univeritas. Tapi bahan ajar dan pengembangan pembelajaran yang digunakan IOU di saat bersamaan dalam rangka pengembangan studi Islam dan bahasa Arab Universitas Preston, Ajman, Uni Emirat Arab menggunakannya yang pada tiga tahun kemudian meluluskan angkatan pertama sejumlah sarjana di bidang Pengetahuan Islam dan Sastra/Bahasa Arab.

Perjuangan tak behenti sampai disitu, pada tahun 2007 universitas yang berlokasi di Qatar ini merilis jurusan pada jenjang diploma bebas biaya (gratis) yaitu pada diploma umum dan Studi Islam.

Kemudian pada 2010 untuk pertama kalinya IOU memperkenalkan program sarjana online gratis pada jurusan Studi Islam. Meskipun gratis, IOU tidak sembarangan memilih kurikulum, karena standar kurikulumnya hasil dari perpaduan kurikulum Universitas Islam Madinah, Arab Saudi; Universitas Islam Omdurman, Sudan; dan Universitas Al-Azhar, Mesir.

Tibalah masa saat IOU diakui sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bersirtifikat global. Tepatnya pada 2013 akreditasi tersebut diberikan secara sah oleh Kemnterian Pendidikan Tinggi Somalia kepada IOU.

Saat ini IOU sudah meluncurkan beberapa fakultas di antaranya Psikologi, Pendidikan, Informasi Teknologi, Perbankan Islam dan lain-lain.

Bagi yang memiliki sedikit waktu luang atau minim biaya kuliah anda dapat mencoba mendaftar di Islamic Online University ini. Selengkapnya lihat: http://www.islamiconlineuniversity.com