Muhammad Zubaidi mengawali acara di ruang rapat utama Dewan Da’wah dengan memperkenalkan para pengurus dan hadirin dari Dewan Da’wah, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia oleh Wakil Ketua Umum Ustadz Abdul Wahid Alwi. Mengawali sambutannya Wakil Ketua Umum menceritakan sejarah panjang hubungan Indonesia dengan Saudi Arabia, yaitu diawali ketika Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, Raja Saudi pada waktu itu mengumumkan kepada jama’ah haji tentang kemerdekaan bangsa Indonesia dan agar jama’ah haji yang sedang berada di padang Arafah mendoakan Indonesia yang baru merdeka. Hubungan terus berlanjut dengan adanya bantuan-bantuan dari pemerintah Saudi seperti untuk Tsunami di Aceh, gempa bumi di Sumbar, Mentawai dan lainnya.

 

 

 

Lebih lanjut Ustadz Abdul Wahid Alwi menjelaskan hubungan khusus Dewan Da’wah kepada Pemerintah Saudi, dimana ketika pendiri dan ketua pertama Dewan Da’wah Allahyarham Mohammad Natsir setelah keluar dari penjara Rezim Orde Baru, Raja Faisal memberikan hadiah, dan Pak Natsir meminta beasiswa belajar di Saudi untuk anak-anak Indonesia, yang kemudian hal itu merupakan pembuka bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di Saudi, yang kemudian mahasiswa-mahasiswa alumni Saudi tersebut menjadi da’i-da’i di Indonesia.

 

 

 

Salah satu hal yang dilakukan pemerintah Saudi untuk memberikan beasiswa bagi pelajar di Indonesia dan sekitarnya, maka didirikanlah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab yang dekenal dengan LIPIA, yang hingga saat ini telah meluluskan ribuan mahasiswa. Kerjasama yang lain adalah Indonesia menjadi tuan rumah Musabaqah Hafalan Al Qur’an dan Hadits Prince Sulthan tingkat Nasional dan Asean yang Indonesia menjadi tuan rumahnya dan Dewan Da’wah menjadi salah satu panitia acara tersebut.

 

 

 

Dewan Da’wah juga mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah Saudi Arabia seperti diantaranya yang terbaru adalah bantuan berupa 5 bangunan yang terdiri dari Perpustakaan, Gedung Muslimat Center, Gedung Kampus STID Mohammad Natsir, Gedung Percetakan beserta Mesinnya, dan Gedung Perkantoran Kebon Jeruk yang secara serentak telah diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu yang lalu.

 

 

Sedangkan Duta Besar Saudi Sa’adatul Ustadz Musthafa Ibrahim Al Mubarak dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas sambutan dari Dewan Da’wah dan beliau sangat berharap agar kerjasama baik yang sudah terjalin selama ini dapat ditingkatkan serta meminta pandangan atau masukan dari Dewan Da’wah tentang perkembangan da’wah di Indonesia. (agus sms)