Dalam sambutan penutupannya, beliau  memberikan pesan kepada para peserta agar setelah kembali ke tempat tugas masing-masing, pemikiran dan kesepakatan yang sudah disepakati dalam acara ini segera diimplementasikan.

“Sebab kadang orang lain terus bekerja, sementara kita hanya bicara”, ujarnya.

Beliau juga menegaskan bahwa dalam menjalankan pemikiran dan kesepakatan itu harus ditopang dengan berbagai unsur, salah satunya adalah dana. Karenanya Dewan Da’wah Daerah harus aktif dan kreatif menggali dana di daerahnya, “Sebab orang daerah lah yang memiliki kewajiban fardu ’ain dalam berda’wah di daerahnya, bukan Pengurus Dewan Da’wah Pusat”, terangnya.

Beliau juga berpesan agar kita tidak berhenti berjuang. Satu program selesai dikerjakan, maka lanjutkan dengan program berikutnya.

Terakhir, beliau menegaskan bahwa kegiatan pendidikan yang dijalankan harus selalu dilandaskan kepada niat da’wah. Sehingga kegiatan pendidikan harus selalu memiliki tujuan dan muatan da’wah. “Yakinlah bahwa ketika kita berjuang di jalan da’wah maka Allah akan membukakan pintu-pintu pertolongannya”, pungkasnya

Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan, Dr. Mohammad Noer, dalam sambutan penutupnya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak, terutama panitia, yang telah bekerja maksimal guna terselenggaranya acara ini.

Beliau juga menegaskan bahwa silaturahim ini hanyalah permulaan dan baru akan berakhir ketika para peserta menindaklanjutinya dengan kegiatan di daerah dan lembaga masing-masing.