Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia telah memasuki usia setengah abad. Organisasi gerakan dakwah yang didirikan oleh mantan Perdana Menteri Republik Indonesia, Mohammad Natsir, pada 26 Februari 1967 ini memperingati Tasyakur setengah abad kelahirannya di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Ahad (26/2).

Tasyakur bertajuk “Mengawal Akidah, Merekat Ukhuwah, Menjaga NKRI” ini dihadiri oleh para utusan pengurus Dewan Da’wah seluruh nusantara maupun luar negerii. Selain itu, Dewan Da’wah juga mengundang para pimpinan ormas Islam, tokoh-tokoh nasional, pejabat negara dan perwakilan duta besar asing di Indonesia serta para mitra da’wah Dewan Da’wah baik dalam maupun luar negeri.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dewan Da’wah, H. Mohammad Shiddiq, mengatakan, setengah abad Dewan Dakwah telah berkiprah dalam mengirim para dai ke berbagai pelosok di Indonesia, mendukung solidaritas perjuangan umat di tingkat lokal, regional, dan internasional.

“Dalam 50 tahun Dewan Da’wah di pentas dakwah, telah terbentuk kepengurusan di 32 provinsi dan lebih dari 293 kepengurusan di tingkat kabupaten dan kota,” ujarnya

Shiddiq menambahkan, para dai saat ini sudah tersebar ke berbagai daerah ada sekitar 2000 orang. Dewan Da’wah juga telah membangun kurang lebih 750 masjid, 4 Islamic Center, 1 Muslimat Center, 4 Rumah Sakit, 1 Sekolah Tinggi dan beberapa Akademi Dakwah yang tersebar di berbagai provinsi, Lazis dan program-program dakwah lainnya.

Dari capaian-capaian dakwah itu, Shiddiq mengatakan, “Dewan Da’wah harus berorientasi pada upaya mewujudkan persatuan umat dan bangsa, mengembangkan pola strategi dakwah, melakukan inovasi strategi dan metodologi dakwah dan mengedepankan konsep dakwah wasathiyah.”

Dalam acara Tasyakur setengah abad Tahun Dewan Da’wah ini, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan sambutan yang menyatakan antara lain dirinya mengapresiasi keberadaan dan aktifitas Dewan Da’wah dalam memajukan perkembangan da’wah di tanah air.

Sebelum do’a penutup, KH. Didin Hafidhuddin menyampaikan orasi keumatan.

Masih dalam rangkaian acara Tasyakur, Dewan Da’wah juga melakukan peluncuran serta bedah buku berjudul “Setengah Abad Dewan Dakwah Berkiprah Mengokohkan NKRI” karya sejarawan muda Dr Tiar Anwar Bachtiar. Menurut ketua OC ust Amlir Syaifa Yasin, ada sebanyak 8 buku lainnya yang diterbitkan terkait tasyakur setengah abad Dewan Da’wah ini, diantaranya buku tentang Pemikiran dan Perjuangan Mohammad Natsir dalam Bidang Pemikiran karya Dr Adian Husaini dan lainnya.

Rep : AM | Ed : Muttaqin