Sabtu (20/5) dan Ahad (21/5) lalu telah diadakan Workshop dan Coaching Nasional: Menulis Buku-buku Islam Populer. Acara ini mendatangkan pemateri dari Yogya. Beliau adalah Dwi Suwiknyo, SE.I., MSI., seorang penulis tingkat nasional yang banyak menghasilkan karya2 best seller. Salah satu buku best seller-nya berjudul Ubah Lelah Jadi Lillah dari 45 judul buku yang ditulisnya.

Workshop terbatas ini diikuti oleh 15 peserta yang mewakili berbagai instansi, baik pendidikan maupun non pendidikan. Latar belakang peserta mulai ibu rumah tangga, wiraswasta, mahasiswa, sampai rektor sebuah universitas swasta di Bandar Lampung. Salah satu peserta workshop adalah perwakilan dari Dewan Dakwah Prov. Lampung. Diharapkan dari 15 intelektual muslim ini dapat dihasilkan para penulis2 buku Islam populer yang turut berkiprah dalam dakwah melalui tulisan.

Peserta sudah mulai disibukkan sejak 10 hari sebelum workshop dimulai. Dalam masa praworkshop ini peserta diminta mempersiapkan tema, judul buku, outline buku (bab-bab yang akan menjadi daftar isi), alasan pemilihan tema, survey pasar mengenai judul buku yang setema, target usia pembaca.

Ketika workshop dimulai, peserta sudah mempunyai persiapan apa yang akan ditulis. Lalu dibimbing untuk membuat matriks naskah buku masing2. Hari terakhir workshop peserta diminta latihan menulis cepat dalam menuangkan gagasan dalam tulisan.

Workshop tidak berhenti sampai di sini. Coaching/pendampingan dilakukan terus sampai peserta bisa menerbitkan

sebuah buku.Workshop yang diprakarsai oleh Ikhsanudin, S.Pd., MM., direktur Aura Publishing Group dan Pustaka Ali Imron ini dirasakan sangat bermanfaat oleh seluruh peserta. Bagaimana pemateri memotivasi peserta bahwa tulisan/buku bisa menjadi suatu warisan.

Ketika seorang penulis itu sudah tidak ada di dunia ini, maka tulisannya akan tetap hidup sampai ke generasi sesudahnya. Jika dalam tulisan itu ada nilai kebaikan, maka tulisan itu akan menjadi amal jariyah bagi penulisnya.

Ed : Muttaqin | dewandakwahlampung.com