Akademi Da’wah Indonesia Jawa Barat Menggelar Lailatul Quran

Dewan Da’wah News, Bandung – Malam Jum’at (21/3/2019) sudah ke sekian kalinya Akademi Da’wah Indonesia (ADI) Jawa Barat menggelar Lailatul Quran. ADI sendiri merupakan lembaga pendidikan tinggi setingkat diploma tiga yang berada di daerah-daerah dan dinaungi langsung oleh Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia.

Lailatul Quran adalah kegiatan rutin kampus ADI Jabar dan diwajibkan untuk seluruh Mahasiswa/i. Kegiatan ini dilaksanakan semalaman, mulai dari pukul 20.00 s/d 06.00 WIB.

Biasanya sebelum memulai acara inti, musyrif (pembimbing) memberikan pembekalan seperti motivasi membaca, menghafal, mempelajari dan mengamalkan isi Al Quran atau hal lainnya yang berkaitan dengan Islam.

Hal itu disampaikan da’i Dewan Da’wah Ustadz Mustopa, S.Sos yang diutus ke daerah Bandung Barat, Jawa Barat tepatnya di daerah tempat ADI berdiri.

Kata Mustopa, di malam Lailatul Quran mahasiswa ditawarkan beberapa pilihan program agar lebih mudah dalam pengawasannya dan perkembangan masing-masing mahasiswa.

“Program pilihannya seperti tasmi Al Quran 4 Juz., murojaah, menambah hafalan minimal tiga halaman atau tilawah minimal 6 Juz,“ katanya.

Tempat pelaksanaan Lailatul Quran di Aula Pusdiklat Dewan Da’wah Jabar dan dipisah antara mahasiswa dan mahasiswi.

Kadang ada mahasiswa yang tidak kuat, lanjut Mustopa dan istirahat pada tengah malam dan ada yang kuat hingga jam 02.00 WIB dini hari.

“Kemudian pada pukul 03.30 mereka di bangunkan dan dilanjutkan dengan shalat tahajud berjama’ah sampai menjelang shubuh,” ujar Mustopa.

Lailatul Quran diakhiri dengan psca pembekalan dan penutupan

“Setelah shalat shubuh berjama’ah mahasiswa dan mahasiswi berkumpul kembali di Aula untuk sharing, evaluasi, dan penutupan,” pungkasnya.

Reporter: mus

Editor: tamam