Dewan Da’wah Jabar Gelar Pelatihan Dakwah

Dewan Da’wah News, Bandung – SMA Istiqomah yang berlokasi di Komplek Puragabaya, Cijawura, Bandung merupakan sekolah rintisan tokoh Dewan Da’wah Jawa Barat Almarhum KH. Rusyad Nurdin.

Sebelumnya, Dewan Da’wah Jabar punya hajat untuk menyelenggarakan dauroh duat (pelatihan dakwah) untuk para da’i muda Jawa Barat di sekolah tersebut. Alhamdulillah, acara itu dapat terselenggara pada 5-6 Oktober 2019.

Dalam acara yang mengangkat tema “Mendidik Generasi Jadi Pewaris Nabi” itu dihadiri oleh 50 da’i muda yang berasal dari enam kabupaten dan kota, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang dan Garut. Diharapkan mereka dapat menjadi da’i ilallah.

Dewan Da’wah Jawa Barat kembali menggelar kegiatan Dauroh Du’at dengan pendekatan desentralisasi. Biasanya para da’i sejabar dikumpulkan, namun kali ini dibagi menjadi enam wilayah binaan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dewan Dakwah Jabar Muchsin al-Fikri menyatakan kaderisasi da’i dan ulama diutumakan khususnya di Jawa Barat.

“Kaderisasi da’i dan ulama menjadi prioritas mengingat semakin besarnya kebutuhan umat terhadap bimbingan da’i. Jawa Barat yang begitu luas dengan jumlah penduduk paling banyak di Indonesia memerlukan da’i yg tidak sedikit. Oleh sebab itu kaderisasi da’i tidak boleh berhenti,” ujarnya.

Para peserta diberikan sejumlah materi di antaranya, Fiqih Dakwah (H. Muchsin al-Fikri), Siyasah politik dakwah (Hudan Misfahuddin), Ma’rifatulloh (Dr. Syarif Hidayat), Sirah nabawiyah dan Akhlaq Islam (Ustadz Silmi Kafatan), Kebangkitan Islam akhir Zaman (Ustad H. Muhsin MK), Kapita Selekta Dewan Dakwah (HM. Daud Gunawan) dan Ghazwul Fikri & Harakatul Hadamah (Ustadz H. Roinul Balad).

Reporter: Muchsin Al-Fikri

Editor: Tamam