Dewan Da’wah Kedatangan Mufti Ukraina

Dewan Da’wah News, Jakarta – Seorang mufti asal Ukraina, Sergei (Syekh) Said Ismagilov bersilaturrahim ke Dewan Da’wah Pusat pada Selasa 3 Maret 2020 di Kantor Dewan Da’wah Jl Kramat Raya No 45, Jakarta Pusat.

Kedatangannya disambut oleh para pengurus di antaranya, Ketua Umum Dewan Da’wah Drs. Mohammad Siddik, MA, Wakil Ketua Umum KH. Abdul Wahid Alwi, MA, dan Drs. Amlir Syaifa Yasin MA,  Sekretaris Umum Drs Avid Solihin, MM, Kepala Bidang SDM Dr. M.A. Salam AS, MBA, M.Si., serta Direktur Laznas Dewan Da’wah Ade Salamun.

Mufti adalah personal yang punya legitimasi fatwa terhadap suatu perkara yang berhubungan dengan umat Islam dan keputusannya diakui negara.

Syekh Said Ismagilov berasal dari suku Tatar, ibunya melahirkannya di Donetsk, Ukraina pada tahun 1978.

Di Ukraina Syekh Said dikenal sebagai salah satu pemimpin spiritual muslim terkemuka sekaligus ilmuwan muslim. Sebagai tokoh muslim, syekh Said menjunjung tinggi tradisi ahlus sunnah wal jamaah serta menghindari radikalisme dan pandangan-pandangan ekstrim. Saat ini dia sudah menguasai empat bahasa Ukraina, Rusia, Tatar dan Arab.

Ia memandang, dialog antaragama dan toleransi dalam masyarakat lebih penting untuk membesarkan Muslim Ukraina sebagai bagian integral dari masyarakat Ukrania.

Dalam pertemuan, Syekh Said antara lain menceritakan situasi politik dan keagamaan di Ukraina setelah Uni Soviet pecah menjadi negara-negara kecil. Demikian pun Ust Mohammad Siddik, menceritakan sejarah pendirian Dewan Da’wah dan situasi sosial politik keagamaan yang melatarbelakanginya.

Selama di Indonesia, Syekh Said telah berkunjung ke Majelis Ulama Indonesia, bertema dengan Pengurus Pusat Muhammadiyah, dan beberapa  organisasi lainnya. Beliau juga menyempatkan diri dan terkesan dengan keanekaragaman budaya Indonesia yang diperlihatkan di miniatur Indonesia (Taman Mini Indonesia Indah). Informasi dan panduan tentang Indonesia, beliau dapatkan dari Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yudi Krisnandi.[]

Reporter: Yudi

Editor: Tamam