Dewan Da’wah Pekanbaru Sukses Selenggarakan Pelatihan Imam Dan Khatib

Dewan Da’wah News, Pekanbaru – Dewan Da’wah Kota Pekanbaru, Riau menyelenggarakan Pelatihan Imam dan Khatib Masjid Se-Kota Pekanbaru dengan tema “Meningkatkan Kemampuan dan Pengetahuan Imam dan Khatib yang Paripurna” di gedung Muballigh Center, Pekanbaru pada Sabtu (2/3/2019).

Ketua Dewan Da’wah Kota Pekanbaru, Ust. Drs. H. M. Tri Sakti dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini penting sebab imam dan khatib akan menjadi pembimbing umat yang serba didahulukan dan ditinggikan.

“Marilah kita bersama-sama, saling bahu membahu dalam membimbing umat di Kota Pekanbaru, karena Imam dan Khatib itu merupakan orang yang ‘didahulukan selangkah ditinggikan seranting’ oleh masyarakat setempat, disaat imam rukuk makmum ikut semua  rukuk, disaat  imam itu sujud  semua makmum ikut sujud,” kata Tri.

Dalam pelatihan yang dihadiri oleh sekitar 40 da’i seluruh Kota Pekanbaru itu ternyata memperoleh dukungan pemerintah kota. Walikota Pekanbaru dalam hal ini diwakilkan Kabag Kesra Kota Pekanbaru, Drs. H. Sarbini Hasyim, MH turut hadir dan mengapresiasi acara tersebut.

“Kondisi dan situasi sekarang cukup pas jika Dewan Da’wah Kota Pekanbaru mengadakan diklat semacam ini, karena dengan temu ramah, diskusi dan ceramah akan bertemu pendapat yang istilah sekaran disebut visi dan misi bersama tujuannya untuk membina umat di lingkungan masing-masing. Apalagi melihat situasi politik seperti sekarang, peran imam dan khatib menjadi menyejuk umat yang dihadapi,” ujar Hasyim.

Susunan acara yang disuguhkan antara lain fiqh imam sholat, retorika dakwah, teknik penyusunan khutbah dan unsur-unsur penting lainnya yang dapat menopang kinerja da’i.

Pelatihan semakin menarik sebab ada sesi tanya-jawab yang para pemtari akan memberikan solusi kepada para da’i baik permasalahan pribadi atau problematika di lapangan dakwah.

Kepada Dewan Da’wah News, pihak panitia menginformasikan bahwa da’i-da’i yang hadir pada acara tersebut meminta agar diselenggarakan pelatihan lanjutan sebab jika hanya sehari terasa kurang memuaskan.

Reporter: taslim

Editor: tamam