Dukung Pemerintah DKI Jakarta Lepas Saham Bir, Puluhan Ribu Orang Tandatangani Petisi

Dewan Da’wah News, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana untuk menjual saham Pemprov DKI Jakarta di produsen minuman bir PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) atau yang dikenal dengan merk dagang Anker.

Kebijakan tersebut sudah Anies sampaikan sejak Februari lalu dan rencananya akan dilaksanakan pada bulan ini.

“Delta kita sedang kajian kita akan lepas. Tapi kita mudah mudahan Maret sudah selesai,” kata Anies, saat silaturahmi awal tahun di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rabu (02/01/2019), dilansir kranjingan.com.

Saat proses pelepasan atau penjualan saham bir tinggal selangkah lagi ternyata rencana tersebut itu terhalang oleh DPRD DKI Jakarta. Meskit tidak mewakili semua anggota, kendati demikian yang mengungkapkan ketidaksepakatan adalah Ketua DPRD DKI Jakarta sendiri, Prasetyo Edi Marsudi.

“Salahnya Delta tuh apa sih PT itu? Saya tetap berprinsip, enggak ada yang merugikan untuk pemerintah daerah, apalagi yang dikatakan setahun dapat (dividen) Rp50 miliar,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (5/3/2019), dilansir sindonews.com.

Namun demikian rencana penjualan saham PT Delta Djakarta itu bukan kehendak pribadi Anies semata. Menurut Anggota DPD RI atau Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengatakan bahwa pelepasan saham bir itu merupakan suara hati rakyat.

“Kalau DPRD ngotot, saya khawatir bakal ada gelombang besar warga menolak saham bir. Saya tidak bermaksud memperkeruh suasana, tetapi sebagai senator, saya hanya menyampaikan geliat yang saat ini terjadi di tengah masyarakat terkait saham bir ini,” kata Fahira dalam keterangannya, Rabu (6/3/2019).

Kemudian di hari yang sama, Fahira membuktikan perkataanya melalui cuitan di akun Twitternya soal aspirasi rakyat yang mendukung Anies untuk menjual saham bir.

Hasil tangkapan layar di atas mendeskripsikan dari total 11.582 orang sebesar 95% memilih setuju saham bir dijual dan sebesar 5% tidak setuju saham bir dijual.

Masih soal voting, dilansir dari change.org sebuah situs tanda tangan petisi terkemuka membuktikan bahwa puluhan ribu orang telah setuju dan menandatangani petisi yang berjudul “Yuk Dukung Gubernur DKI Jakarta Tunaikan Janjinya Jual Saham Pemda Di Anker Bir.” Penjumlahan terakhir yang ditelusur oleh redaksi Dewan Da’wah News pada pukul 18.09 WIB sudah mencapai 37.766 orang penandatangan diperkirakan jumlahnya terus meningkat.

Kemudian gelombang aspirasi rakyat tidak berhenti berhenti pada voting saja, terbukti siang tadi (8/3/2019) Front Pembela Islam (FPI) Jakarta beserta simpul organisasinya turun ke jalan dan memulai aksi damai di depan gedung DPRD DKI Jakarta dalam rangka “membujuk” DPRD DKI Jakarta untuk menyetujui langkah sang Gubernur soal pelepasan saham bir.

Berdasarkan informasi yang tersebar, PT Delta Djakarta memegang lisensi produksi dan distribusi beberapa merek bir internasional. Dalam laporan kepemilikan saham PT Delta Djakarta di laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), www.idx.co.id, saham Pemprov DKI tercatat bertambah hampir 3 persen, dari 23,33 persen menjadi 26,25 persen per 25 Februari 2019. Tentu saham tersebut dihasilkan dari satu perusahaan bir dan hingga kini rakyat masih menunggu Gubernur DKI Jakarta untuk segera menjual saham dari barang haram tersebut.[]

editor: mamat