Pildacil dari Pedalaman Lombok

Dewan Da’wah News, Senaru – Pemilihan da’i cilik (pildacil) adalah judul yang pas untuk kegiatan yang dilaksanakan Ustadz Hipzul Aripi. S.Sos, da’i muda lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mohamad Natsir ini.

Dewan Da’wah mengutusnya ke Dusun Treng Ilut, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara sebuah wilayah yang sulit dijangkau serta sangat terbatasnya sinyal selular.

Dengan perbekalan yang memadai Ust. Hipzul merintis beberapa program dakwah salah satunya pelatihan ceramah untuk anak.

Sebelumnya Ust. Hipzul mencontohkan teknik ceramah yang baik serta memberi pengetahuan soal materi yang akan disampaikan kepada murid-muridnya, saat ini latihannya masih menggunakan teks.

“Saat ini adik-adik masih banyak yang pakai teks untuk berpidato tapi semangatnya sangat luar biasa ketika tampil di depan,” kata Ust. Hipzul saat dikonfirmasi Dewan Da’wah News pada Sabtu (14/9/2019).

Latihan ceramah ini dilaksanakan rutin dua pekan sekali dan murid yang hadir sekitar 60-an  peserta.

Ust. Hipzul berharap murid-murid didiknya siap tampil di hadapan khalayak publik lebih-lebih bisa mewakili daerahnya di perlombaan ceramah.

“Harapan saya kepada adik-adik ini agar lebih percaya diri dan berani tampil di depan teman-temannya dan orang dewasa, syukur kalo bisa tampil di perlombaan mewakili daerahnya,” ucapnya.

Lia Fitriani murid sebuah SMP di Senaru, salah satu peserta pelatihan tersebut memberikan testimoni, dirinya lebih terlatih bebrbicara di hadapan orang banyak.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini saya sangat senang karena bisa melatih kemampuan saya berbicara di depan teman-teman. Saya berharap kegiatan ini selalu dilaksanakan supaya yang lainnya juga terbiasa berbicara didepan orang banyak,” ujar Lia.

Ust. Hipzul berpesan kepada anak-anak di luar sana agar tidak kalah semangat dengan putra-putri bangsa yang tinggal di daerah pedalaman.

“Kepada anak-anak di luar sana mudah-mudahan bisa meniru mereka yang dari pedalaman ini, kami yang serba terbatas mampu,” pungkasnya.

Ket. Foto: Suasana dan penampilan salah satu peserta pelatihan ceramah yang dibimbing Ust. Hipzul di Masjid Nurul Iman, Dusun Treng Ilut, Desa Senaru, Lombok Utara.

Reporter: Tamam/DDN