Tarawih Jam Berapa: Panduan Lengkap Waktu Pelaksanaannya

Menyambut bulan suci Ramadan, salah satu ibadah yang sangat dinantikan umat Muslim adalah sholat tarawih. Tapi tahukah kamu, tarawih jam berapa dilaksanakan? Nah, kali ini Hipwee akan mengulas tuntas tentang waktu pelaksanaan tarawih beserta hal-hal penting lainnya yang perlu kamu ketahui.

Biasanya, tarawih dilaksanakan setelah sholat Isya dan sebelum masuk waktu sepertiga malam terakhir. Namun, waktu pastinya bisa berbeda-beda di setiap daerah. Yuk, simak jadwal lengkapnya!

Waktu Pelaksanaan Tarawih

Tarawih merupakan ibadah salat sunah yang hanya dikerjakan di bulan Ramadan. Pelaksanaannya dilakukan setelah salat Isya dan sebelum salat Witir. Waktu pelaksanaan tarawih berbeda-beda di setiap daerah, tergantung pada kebiasaan dan tradisi setempat.

Jadwal Tarawih di Beberapa Kota Besar

Berikut ini adalah jadwal pelaksanaan tarawih di beberapa kota besar di Indonesia:

  • Jakarta: Pukul 19.30 – 21.00 WIB
  • Bandung: Pukul 19.00 – 20.30 WIB
  • Surabaya: Pukul 19.15 – 20.45 WIB
  • Yogyakarta: Pukul 19.00 – 20.30 WIB
  • Medan: Pukul 19.15 – 20.45 WIB

Waktu Pelaksanaan di Masjid-Masjid

Selain jadwal di atas, waktu pelaksanaan tarawih juga dapat bervariasi tergantung pada masjid yang menyelenggarakannya. Berikut ini adalah beberapa contoh waktu pelaksanaan tarawih di masjid-masjid terkenal:

Masjid Waktu Pelaksanaan
Masjid Istiqlal, Jakarta Pukul 19.30

21.00 WIB

Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Pukul 19.15

20.45 WIB

Masjid Agung Bandung Pukul 19.00

20.30 WIB

Masjid Agung Sunan Ampel, Surabaya Pukul 19.15

20.45 WIB

Masjid Agung Kauman, Yogyakarta Pukul 19.00

20.30 WIB

Faktor Penentu Waktu Tarawih

Waktu tarawih adalah salah satu aspek penting dalam ibadah Ramadan. Menentukan waktu yang tepat untuk memulai tarawih sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Waktu Masuknya Waktu Isya

Waktu tarawih biasanya dimulai setelah masuknya waktu Isya. Waktu Isya ditandai dengan hilangnya cahaya merah di ufuk barat dan terbenamnya matahari.

Panjangnya Waktu Sholat Isya

Lama waktu sholat Isya juga memengaruhi waktu tarawih. Sholat Isya terdiri dari empat rakaat, dan setiap rakaat membutuhkan waktu tertentu untuk diselesaikan. Semakin lama waktu sholat Isya, semakin larut pula waktu tarawih dimulai.

Tradisi dan Kebiasaan Setempat

Tradisi dan kebiasaan setempat juga dapat memengaruhi waktu tarawih. Di beberapa daerah, tarawih dimulai setelah Isya, sementara di daerah lain dimulai beberapa waktu setelah Isya. Hal ini tergantung pada kebiasaan dan tradisi yang berlaku di masing-masing daerah.

Keutamaan Sholat Tarawih: Tarawih Jam Berapa

Tarawih jam berapa

Tarawih, salah satu ibadah sunnah yang dinantikan saat bulan Ramadan, memiliki keutamaan yang luar biasa. Selain menjadi ibadah yang dianjurkan Rasulullah SAW, tarawih juga membawa banyak pahala dan keberkahan.

Pahala Berlimpah

  • Setiap rakaat tarawih dihitung sebagai satu pahala salat wajib.
  • Sholat tarawih selama sebulan penuh dianggap seperti ibadah selama dua tahun.

Ampunan Dosa

Sholat tarawih diyakini dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu, terutama jika dilakukan dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan.

Meningkatkan Hubungan dengan Allah SWT, Tarawih jam berapa

Tarawih merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan memperbanyak ibadah di malam hari, seorang Muslim dapat memperkuat iman dan ketakwaannya.

Memperoleh Lailatul Qadar

Tarawih menjadi salah satu kesempatan untuk memperoleh malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bagi yang beruntung, pahala ibadahnya pada malam tersebut dilipatgandakan berkali-kali lipat.

Panduan Praktis Sholat Tarawih

Sholat Tarawih merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Untuk melaksanakannya dengan benar, simak panduan praktis berikut ini.

Waktu Pelaksanaan

Sholat Tarawih dilaksanakan setelah sholat Isya hingga menjelang waktu Subuh. Waktu terbaik untuk melaksanakannya adalah setelah sepertiga malam atau sekitar pukul 22.00 hingga 23.00 WIB.

Jumlah Rakaat

Jumlah rakaat sholat Tarawih adalah 8 atau 20 rakaat. Setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam.

Tata Cara Pelaksanaan

  1. Niat sholat Tarawih
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca Surat Al-Fatihah
  4. Membaca surat atau ayat Al-Qur’an
  5. Rukuk
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud kembali
  10. Duduk istirahat sejenak
  11. Kembali melakukan rakaat berikutnya
  12. Salam

Bacaan Surat dan Doa

  • Surat Al-Fatihah
  • Surat Al-Ikhlas
  • Surat Al-Falaq
  • Surat An-Nas
  • Doa Qunut
  • Doa penutup Tarawih

Hal-hal yang Dianjurkan

  • Melaksanakan sholat Tarawih berjamaah
  • Membaca Al-Qur’an dengan tartil
  • Memperpanjang bacaan surat dan doa
  • Berdoa dengan khusyuk

Tips dan Etika Sholat Tarawih

Tarawih jam berapa

Tarawih merupakan salah satu ibadah sunah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Sholat sunah ini memiliki keutamaan yang besar, namun perlu dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai etika agar manfaatnya dapat dirasakan secara optimal. Berikut adalah beberapa tips dan etika yang perlu diperhatikan saat melaksanakan sholat tarawih:

Tips Memaksimalkan Manfaat Tarawih

  • Niat yang tulus:Lakukan sholat tarawih dengan niat yang tulus untuk beribadah kepada Allah SWT, bukan karena ikut-ikutan atau mengharapkan pujian.
  • Khushu dan fokus:Berusahalah untuk khusyuk dan fokus selama sholat tarawih. Hindari gangguan dan usahakan untuk menghayati setiap gerakan dan bacaan.
  • Menghafal doa-doa:Hafalkan doa-doa yang dianjurkan dibaca selama sholat tarawih, seperti doa qunut dan doa penutup. Hal ini akan menambah kekhusyukan dan manfaat ibadah.
  • Membaca Al-Qur’an dengan tartil:Bacalah Al-Qur’an dengan tartil, yaitu dengan jelas, benar, dan sesuai tajwid. Membaca Al-Qur’an selama tarawih akan menambah pahala dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

Etika dan Adab Selama Sholat Tarawih

  • Menjaga kebersihan:Pastikan untuk menjaga kebersihan diri dan pakaian saat akan melaksanakan sholat tarawih.
  • Berpakaian sopan:Kenakan pakaian yang sopan dan menutup aurat saat sholat tarawih, baik untuk laki-laki maupun perempuan.
  • Bersikap tenang dan tertib:Berusahalah untuk bersikap tenang dan tertib selama sholat tarawih. Hindari bercanda atau berbicara yang tidak perlu.
  • Menghargai orang lain:Berikan ruang yang cukup bagi orang lain untuk sholat dengan nyaman. Jangan berdesak-desakan atau mengganggu konsentrasi orang lain.

Terakhir

Sholat tarawih menjadi ibadah yang sangat istimewa di bulan Ramadan. Selain pahala yang berlipat ganda, tarawih juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan kita dengan Allah SWT. Semoga informasi tentang waktu pelaksanaan tarawih ini bermanfaat dan membantu kita semua untuk memaksimalkan ibadah di bulan suci ini.

Panduan Pertanyaan dan Jawaban

Tarawih dimulai jam berapa?

Waktu tarawih biasanya dimulai setelah sholat Isya dan sebelum sepertiga malam terakhir.

Berapa rakaat tarawih?

Jumlah rakaat tarawih bervariasi, biasanya antara 8, 20, atau 36 rakaat.

Apakah tarawih wajib?

Tarawih hukumnya sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

BACA JUGA  3 Keutamaan Shalat Tarawih: Spiritualitas, Iman, dan Pengampunan

Leave a Comment